3 Cara Membangun Sebuah Koneksi dengan Rekan Kerja
Siker.id | 27 May 2022 20:30


Bagikan ke
membangun koneksi dengan rekan kerja (siker)

siker.id - Saat masih kecil, mungkin Anda mengingat bagaimana mudahnya memiliki teman di taman bermain? mungkin Anda akan bermain dan bergabung dengan teman sebaya lalu Anda dapat bergabung dan langsung menjadi teman baik. Saat Anda beranjak dewasa untuk membangun dan memelihara jaringan profesional apalagi di tempat bekerja, ternyata hal itu tidak semudah dahulu. Tetap terhubung dan dapat mengembangkan hubungan profesional membutuhkan waktu, kerja, dan strategi. Membangun koneksi secara profesional dengan rekan kerja bisa jadi mudah atau sulit, terkadang, banyak hal yang harus Anda latih untuk dapat membangun suatu ekosistem pertemanan dalam dunia kerja. Berikut beberapa tips agar tetap dapat membangun sebuah hubungan yang baik dengan rekan kerja.

Baca juga: 3 Tips Bekerja dengan Rekan yang Tidak Disukai

Menanggapi Umpan Balik/Feedback dengan Positif

Anda mungkin dapat berbicara tentang pertumbuhan sebanyak yang Anda inginkan, tetapi apabila Anda tidak dapat menerima umpan balik/feedback dengan baik, Anda tidak dapat berkembang dan tidak akan dapat maju. Memberikan umpan balik kepada orang lain dan terbuka terhadap umpan balik orang lain akan membuka pintu untuk membangun hubungan yang lebih dalam. Menerima umpan balik dari orang lain merupakan kesempatan untuk mengatasi masalah tertentu yang menghambat pengembangan Anda. Umpan balik pada akhirnya adalah tentang perspektif dan akan membantu Anda belajar bagaimana melihat sesuatu dari sudut yang berbeda.

Berempati

Mengembangkan hubungan yang baik artinya Anda dapat merasakan hal yang orang lain rasakan, yang mungkin bertentangan dengan apa yang Anda rasakan. Mengembangkan hubungan profesional yang lebih baik bukan tentang membuktikan bahwa Anda lebih baik daripada orang lain. Faktanya, berempati kepada orang lain, terutama mereka yang mungkin berada dalam posisi yang lebih rendah dari Anda, akan sangat membantu dalam memperkuat hubungan. Gunakan pengalaman itu sebagai kesempatan untuk mendukung orang lain.

Baca juga: 3 Pantangan Berkomunikasi dengan Senior Rekan Kerja

Perlakukan Semua Orang Sederajat atau Sama

Sebagai rekan kerja, bukan tugas Anda untuk menunjukkan siapa yang lebih baik dan siapa yang tidak. Politik organisasi seringkali terjadi di lingkungan kantor Anda. Tetapi usahakan untuk tidak mengikuti hal tersebut. Bergosip adalah hal yang harus Anda hindari. Kalau pun Anda terpaksa mendengar gosip, jangan terjebak untuk ikut menambahkan gosip di dalamnya. Berperilakulah rendah hati, terutama jika seseorang mencoba memancing Anda ke dalam percakapan gosip. Lakukan semua yang Anda bisa untuk menarik diri Anda keluar dari situasi itu.

Sekian artikel tentang cara membangun sebuah koneksi dengan rekan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Hilangkan Iri Dengan Keberhasilan Rekan Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar