icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Cara Lakukan Virtual Kolaborasi yang Efektif
Siker.id | 27 May 2022 19:00


Bagikan ke
Virtual Collaboration (siker)

siker.id - Virtual collaboration adalah metode kolaborasi antara tim virtual dengan menggunakan teknologi sebagai media komunikasi. Pada saat pandemi Covid-19 tahun 2020, banyak perusahan melakukan sistem bekerja dari rumah atau work from home karena adanya pembatasan sosial atau social distancing. Biasanya Anda melakukan kolaborasi dengan rekan kerja secara langsung, maka saat bekerja dari rumah kolaborasi pun berubah secara total. Ketika sebelumnya Anda bisa dengan mudah melakukan meeting rutin secara langsung, namun saat work from home, Anda dan para rekan kerja Anda harus menggunakan platform video conference seperti Zoom atau Google Meet, ditambah dengan hambatan-hambatan seperti signal WIFI yang buruk, lalu gangguan suara-suara dari lingkungan keluarga dan berbagai hambatan lainnya. Berikut tips bagaimana bisa melakukan kolaborasi secara virtual yang baik.

Baca juga: 3 Tipe Orang Penunda Pekerjaan

Berbagi dokumen

Jika Anda membutuhkan umpan balik dalam bentuk dokumen atau penunjang pekerjaan lainnya berkaitan dengan softfile, dan tidak masalah untuk melakukan komunikasi menjadi “asychronous”, membagikan dokumen untuk melakukan kolaborasi. Anda bisa melakukan ini dengan menggunakan Google Docs, Teams, Slack atau pelayanan berbagai file lainnya yang disetujui oleh organisasi. Ketika Anda menggunakan metode ini, pastikan untuk mengatur jadwal review, aktifkan pemberitahuan jika ada perubahan, dan pahami dengan benar apa yang Anda butuhkan dari reviewer pada dokumen.

Bekerja “side-by-side”

Jika Anda bekerja di kantor secara fisik, bekerja side-by-side atau bersebelahan mungkin sudah biasa terjadi. Tapi pandemi menyebabkan hampir semua orang harus bekerja secara virtual, maka muncul tren bekerja “virtual side-by-side”. Virtual side-by-side dilakukan dengan video call dengan seorang rekan kerja, dimana Anda mengerjakan pekerjaan Anda sekaligus membagikan project Anda kepada rekan rekan Anda di waktu yang sama. Melalui cara ini, Anda dapat dengan mudah bertanya kepada rekan kerja Anda atau meminta umpan balik kapan pun Anda sedang berada dijalan buntu. Ketika ada seseorang yang berada “di samping” Anda, bekerja jadi terasa seperti ketika sedang bekerja secara normal, serta kolaborasi dapat melangkah maju secara perlahan.

Baca juga: 5 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Wanita Berkarir

Lakukan meeting rutin

Jika Anda butuh brainstroming, membuat visi, memperbarui posisi, menyetujui goals atau melakukan diskusi kreatif dan strategi, meeting merupakan metode yang paling efisien untuk membuat semua pekerjaan tersebut selesai. Anda mungkin ingin memasukkan jadwal meeting pada kalender Anda, tapi ketika Anda bisa, coba untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan tersebut pada rapat tetap yang sudah dijadwalkan.

Sekian artikel tentang cara melakukan virtual kolaborasi yang efektif. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Menghadapi Rekan Kerja Suka Menunda Pekerjaan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar