3 Gaya Kepemimpinan di Tempat Kerja
Siker.id | 27 May 2022 16:00


Bagikan ke
Gaya kepemimpinan (siker)

siker.id - Kepemimpinan yang efektif dan kuat bukan hanya bermanfaat bagi orang lain yang dipimpinnya, namun ini juga sangat bermanfaat untuk individu yang menerapkannya. Setiap dari kita adalah pemimpin, yang mana kita harus memimpin diri sendiri untuk memilih hal-hal yang dianggap benar dan menjauhi segala hal yang dianggap salah. Mari kita simak pengertian kepemimpinan secara umum. Leadership atau kepemimpinan adalah suatu seni yang membentuk individu yang kuat dan tangguh untuk memotivasi sekelompok orang agar mau bertindak dan bekerja bersama demi meraih tujuan bersama. Ternyata gaya kepemimpinan itu ada banyak dan berikut ada beberapa diantaranya!

Baca juga: 5 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Oleh Pemimpin

Pemimpin yang Berwibawa

Ini merupakan salah satu jenis kepemimpinan yang paling sering kita temukan di dalam dunia kerja. Pemimpin dalam jenis kepemimpinan seperti ini cenderung mengajak anggota timnya untuk mengikuti arahan dirinya seorang. Seorang Profesor dari Fakultas Bisnis Harvard bernama Goleman menyatakan bahwa jenis kepemimpinan seperti ini adalah kepemimpinan yang paling terbaik untuk diterapkan ketika pemimpin ingin merancang beberapa visi terbaru di dalam organisasi dalam waktu yang singkat. Para pemimpin dalam jenis kepemimpinan ini seakan-akan mengatakan “Ikuti Saya!” kepada para anggota timnya.

Pemimpin yang Bersikap Afiliasi

Pada jenis kepemimpinan ini, Goleman mengatakan bahwa seorang pemimpin seolah-olah akan mengatakan, “Orang-orang di dalam perusahaan adalah para individu yang harus diutamakan”. Tidak dapat disangkal lagi bahwa jenis kepemimpinan seperti ini akan sangat membantu para pemimpin dalam membina hubungan yang baik dengan para anggotanya. Akan tetapi, jika jenis kepemimpinan seperti ini diterapkan dalam jangka panjang, maka kinerja karyawan akan semakin melemah.

Baca juga: 3 Ciri-Ciri Pemimpin Yang Toxic

Pemimpin yang Baik dalam Pelatihan Karyawannya

Menurut Profesor Goleman, pemimpin dalam jenis kepemimpinan seperti ini seolah-olah berkata “Ayo, coba ini!” kepada para anggotanya. Tidak dapat disangkal lagi bahwa jenis kepemimpinan seperti ini selalu mencari-cari keahlian dan keterampilan yang ada di dalam para anggotanya, sehingga pemimpin yang menerapkan jenis kepemimpinan ini dapat membantu para karyawan dalam pengembangan dirinya. Mereka adalah pemimpin yang bersikap seperti seorang coach atau pelatih.

Sekian artikel tentang tipe-tipe gaya kepemimpinan di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Keterampilan Komunikasi yang Tepat untuk Pemimpin


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar