3 Faktor Penghambat Produktivitas Kerja Karyawan
Siker.id | 27 May 2022 11:30


Bagikan ke
Penghambat produktivitas kerja (siker)

siker.id - Setiap orang yang bersungguh-sungguh dalam bekerja selalu menginginkan tingkat produktivitas yang baik. tetapi faktanya ternyata tidaklah semudah yang dikatakan. Kenyataannya, produktivitas yang terhambat terjadi bukan hanya karena koneksi internet yang lambat, wabah penyakit yang membuat daya tahan tubuh karyawan menurun, atau rendahnya fokus kerja yang dimiliki karyawan. Namun, kita juga perlu memperhatikan hal-hal lain yang mungkin saja dapat mempengaruhi perilaku karyawan dan produktivitas. Lalu apa saja penyebab produktivitas karyawan terhambat? Berikut ulasanya!

Baca juga: 4 Kegunaan Smartwatch dalam Produktivitas Kerja

Birokrasi Perusahaan yang Terlalu Kaku

Tanpa disadari, hal ini juga memiliki andil yang besar dalam merobohkan tingkat produktivitas karyawan. Sayangnya, sebagian besar perusahaan masih menggunakan gaya birokrasi yang sangat kaku. Karyawan dipaksa untuk bekerja di dalam struktur yang semakin kompleks dan mengekang kebebasan mereka dalam berkarya. Struktur-struktur tersebut bertujuan untuk mengatur dan mengendalikan segala hal untuk menjadi lebih teratur dan berjalan dengan baik. Akan tetapi, kenyataannya malah semakin menyusahkan keadaan karyawan. Di era modern seperti sekarang ini, orang-orang diminta untuk berpikir, berinovasi dan berkolaborasi dengan orang lain serta menghasilkan karya-karya terbaik.

Terlalu Bergantung dengan Data dan Informasi

Sekarang ini, kita hidup, berkembang dan berkarier di era digital yang penuh dengan perkembangan teknologi yang melejit. Kondisi ini membuat kebanyakan individu sangat percaya dan bergantung pada data dan informasi yang dihasilkan oleh teknologi. Kita sering lupa bahwa data dan informasi tidak akan menjadi hal yang bermanfaat jika kita tidak menafsirkannya dengan baik. Mudahnya mendapatkan data dan informasi membuat sumber daya manusia menjadi lebih pemalas dan tidak termotivasi untuk memberikan kinerja yang lebih. Padahal, bagaimanapun juga segala sumber daya dan kekuatan yang ada pada diri manusia tetaplah jauh lebih baik daripada teknologi.

Baca juga: 3 Prinsip Stoikisme yang Mampu Tingkatkan Produktivitas

Kurangnya Nilai dalam Setiap Pekerjaan

Realitanya, ada begitu banyak karyawan yang menganggap bahwa serangkaian tugas yang mereka kerjakan hanyalah beban semata. Semua tugas-tugas tersebut dikerjakan hanya untuk memenuhi nilai dan target yang dimiliki perusahaan, namun bukan sebuah nilai kepuasan yang diharapkan oleh karyawan. Celakanya, kondisi ini membuat para karyawan merasa bahwa dirinya sedang terjebak karena harus mencari nafkah, menghidupi keluarga, mempersiapkan kehidupan di hari tua setelah pensiun, dan lain sebagainya.

Sekian artikel tentang faktor penghambat produktivitas kerja karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Manfaat Mengambil Coffee Break untuk Produktivitas Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar