icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi
Siker.id | 26 May 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambra (freepik/siker.id)

siker.id - Beberapa tahun belakangan ini, sistem informasi menjadi salah satu jurusan yang populer di Indonesia. Kenapa? Karena kemajuan teknologi informasi yang pesat sekarang ini. Jangan khawatir jika kamu sudah lulus kuliah bingung mau bekerja apa, karena sistem informasi juga memiliki prospek kerja yang luas lho.

Berikut ini beberapa profesi yang bisa kamu pilih untuk menentukan karir dan perkembanganmu. 

Baca juga : 3 Tanggung Jawab Hakim Menurut UU Kehakiman

1.  Application Developer (Android/ Ios)

Perkembangan smartphone begitu pesat. Tidak terkecuali di Indonesia pengguna smartphone juga sudah banyak sekali. Dengan adanya smartphone maka lahirlah aplikasi-aplikasi yang kini bisa memudahkan kehidupan kita.

Sebut saja gojek, bukalapak, tokopedia, dan startup lainnya bisa sukses besar seperti sekarang karena aplikasi yang dikembangkan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Maka hadirlah peluang kerja baru yaitu Application Developer Android/ IOS.

Baca juga : 4 Tugas Seorang Pengacara / Advokat

2. UI/ UX Developer

User Interface (UI) Developer merupakan pekerjaan yang sangat mirip dengan web designer. Perbedaan utamanya yaitu jika web designer hanya mendesain web saja UI Developer harus bisa mendesain tampilan aplikasi baik desktop, web, ataupun mobile.

Sedangkan User Experience (UX) adalah profesi yang bertanggung jawab terhadap pengalaman pengguna pada saat mengakses suatu sistem (aplikasi web /desktop/ mobile ). Mereka akan sangat mendetail sekali terhadap layout sebuah aplikasi dan juga sistem kerja suatu aplikasi apakah merumitkan atau memudahkan.

3. Enterprise Resource Planning (ERP)

Aplikasi ERP merupakan software yang bisa memenuhi kebutuhan sebuah perusahaan untuk mengintegrasikan semua aktifitasnya baik itu proses bisnis ataupun organisasi.

Dengan harapan kemudahan proses bisnis dan organisasi yang membaik, tidak jarang suatu perusahaan / instansi berani menggelontorkan dana yang cukup besar untuk mengaplikasikan ERP ini.

Itulah dia beberapa prospek kerja yang bisa kamu pilih dalam berkarir nantinya setelah lulus dari jurusan sistem informasi. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Prospek Kerja Lulusan Politeknik Keimigrasian


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar