3 Kesalahan Sering Terjadi Saat Membuat PowerPoint
Siker.id | 26 May 2022 09:00


Bagikan ke
Ilustrasi Gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Powerpoint merupakan salah satu perangkat lunak yang populer digunakan saat presentasi. Powerpoint bisa dibilang lebih mudah digunakan, dibandingkan dengan Microsoft Word dan Excel. Walaupun begitu, kesalahan umum saat membuat Powerpoint seringkali ditemukan.

Dibawah ini ada beberapa kesalahan yang sering terjadi saat membuat Powerpoint. 

Baca juga : 3 Tips Cara Menjawab Pertanyaan saat Presentasi

1. Terlalu menonjolkan teks

 

Masalah terbesar dari sebuah presentasi adalah terlalu banyak teks. Dengan hanya menonjolkan teks, pesan yang ingin kamu sampaikan tidak dapat diserap penonton dengan sempurna.

Teks membuat penonton tidak dapat menyerap presentasi secepat saat ada gambar atau visualisasi. Kamu tentu tidak ingin penonton presentasimu gagal memahami apa yang kamu sampaikan, bukan?

Baca juga : 3 Tips Presentasi dengan Metode Storytelling

2. Pemilihan warna yang aneh

Microsoft membantu penggunanya dalam menciptakan Powerpoint melalui menu ‘Theme’. Menu ini tidak hanya membantu mencari tema yang pas, tapi juga menghindari adanya gabungan beberapa warna yang buruk.

Warna sering kali menjadi masalah untuk sebuah slide Powerpoint. Salah satu contohnya adalah penggunaan warna gelap di teks dan background. Dengan menerapkan warna seperti itu, tampilan presentasimu akan jelek dan tidak akan terbaca.

3. Memasukkan semua materi ke Powerpoint

Sebenarnya ini tidak masalah, tapi alangkah lebih baik bila materi yang di masukkan poin-poin yang ingin disampaikan. Terlalu banyak isi slide akan membuat penonton menjadi pembaca dan tak menyimak apa yang dijelaskan.

Jika terpaksa harus memasukkan semua materi, gunakan kalimat yang singkat dan bahasa yang sederhana.

Itulah dia beberapa kesalahan yang seringkali ditemui saat membuat Powerpoint, cobalah untuk menerapkan matching antara background, materi, font, dan juga poin-poin yang akan disampaikan.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran silahkan ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga :  Hindari 3 Kesalahan Ini Ketika Presentasi


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar