Lakukan 3 Cara Ini saat Penghasilan Freelance Anjlok
Siker.id | 25 May 2022 20:30


Bagikan ke
Penghasilan freelance anjlok (siker)

siker.id - Menjadi pekerja lepas atau tetap di sebuah kantor bukanlah paksaan. Kamu memilih dengan sadar sesuai dengan kesenanganmu. Apalagi, ketika kamu memutuskan buat menjadi pekerja lepas atau freelancer. Mereka yang menyukai kepastian jelas akan menghindari pilihan ini. Sebagai orang yang membuat keputusan secara sadar terkait pekerjaan yang ditekuni, sudahkah kamu benar-benar siap dengan naik turunnya penghasilan sebagai seorang pekerja lepas? Namun, sebenarnya ada sejumlah langkah yang bisa segera kamu lakukan. Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Skill Freelancer Yang Wajib Dimiliki

Menggunakan sisa penghasilan sebelumnya

Kebiasaan menabung memang harus dimiliki seorang pekerja lepas. Jangan sampai sebanyak apa pun penghasilan yang diperoleh habis begitu saja. Makin banyak pemasukan yang didapatkan, seharusnya makin besar pula uang yang bisa kamu sisihkan sebagai tabungan. Kegunaannya ialah untuk membantumu mencukupi kebutuhan ketika penghasilanmu sedang benar-benar anjlok. Ini sebabnya dana darurat seorang pekerja lepas mesti lebih besar daripada pekerja tetap. Soalnya sekalipun penghematan telah dilakukan, bisa saja pendapatanmu bulan ini masih di bawah kebutuhan pokok yang kudu dipenuhi.

Mengembalikan kedisiplinanmu dalam bekerja

Salah satu penyebab anjloknya penghasilan seorang pekerja lepas yaitu penurunan kedisiplinan dalam bekerja. Manusiawi kalau terkadang kamu merasa malas atau gak mood buat berkutat dengan tumpukan pekerjaan. Apalagi orang-orang di sekitarmu mengecap bekerja lepas sebagai pekerjaan yang santai. Tanpa sadar, kamu mungkin sudah terpengaruh oleh pandangan demikian. Hal ini jangan dibiarkan, ya! Kamu harus segera kembali menjadi dirimu yang dahulu. Kedisiplinanmu dalam bekerja mesti dibangun kembali. Kalau sudah tiba waktumu bekerja, tinggalkan semua urusan di luar itu.

Baca juga: 3 Skill Freelancer yang Penting untuk Bekerja

Mencari peluang sumber pendapatan yang lain

Nah, apabila dari hasil evaluasi seperti dalam poin 3 ditemukan kemungkinan penurunan penghasilan ini akan terus terjadi dalam waktu lama, kamu perlu mengambil tindakan cepat. Ketimbang sekadar berharap pemasukanmu membaik dengan sendirinya, sebaiknya kamu mulai mencari sumber pendapatan yang lain. Barangkali ada pekerjaan-pekerjaan lain yang bisa kamu ambil. Walau kamu juga tak serta-merta meninggalkan pekerjaan sekarang, adanya bermacam-macam job tentunya menjadi angin segar yang menyelamatkan aliran keuanganmu.

Sekian artikel tentang langkah yang dipilih bila penghasilan freelance anjlok. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Kesalahan Freelancer saat Mengatur Pekerjaan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar