3 Konsekuensi Terlalu Percaya Diri Berlebihan
Siker.id | 25 May 2022 19:00


Bagikan ke
Konsekuensi terlalu percaya diri (siker)

siker.id - Memiliki kepercayaan diri yang tinggi merupakan modal besar dalam meniti karier yang mulus. Hal ini disebabkan oleh adanya banyak langkah yang harus dilalui sebelum akhirnya siap untuk memperoleh posisi pekerjaan yang sesuai dengan keinginan. Meski mungkin masih ada orang yang berjuang dalam meningkatkan kepercayaan dirinya, ternyata ada saja orang yang justru bersikap gegabah dengan memiliki kepercayaan diri yang berlebihan. Padahal, memiliki kepercayaan diri yang berlebihan di kantor justru bisa membuatmu memperoleh beberapa dampak yang berikut ini.

Baca juga: 3 Tanda Lowongan Kerja Palsu Di Situs Pencari Kerja

Berisiko mengalami kesalahan dalam bekerja

Kamu harus memahami bahwa melakukan kesalahan di tempat kerja sebetulnya adalah hal yang wajar. Namun, kesalahan tersebut memiliki batasan tersendiri yang sebaiknya tidak disepelekan. Banyak pegawai yang terlalu percaya diri justru menganggap enteng pekerjaannya dan kemudian berbalik dengan risko kesalahan yang banyak dalam bekerja. Hal ini jelas memberikan dampak tersendiri yang merugikan diri sendiri dan rekan kerja lainnya.

Tidak memiliki motivasi dan ambisi dalam bekerja

Seseorang yang memiliki kepercayaan diri tinggi biasanya sudah berada pada puncak maksimal dari dirinya sendiri. Hal ini membuat mereka jadi kehilangan motivasi atau ambisi dalam bekerja. Berbeda halnya dengan orang-orang yang sering kali masih membangun kepercayaan dirinya sehingga tak mudah puas dan terus memelihara motivasi dan ambisi baik tersebut dalam bekerja. Hal ini membuat hasil pekerjaan pun selalu maksimal dan sesuai dengan keinginan.

Baca juga: 3 Cara Menciptakan Kerja Sama dengan Rekan Kerja

Enggan untuk terus belajar

Orang-orang yang memiliki kepercayaan diri tinggi biasanya cenderung pongah dalam bekerja. Hal ini membuat mereka merasa sudah menguasai beragam hal yang orang lain belum ketahui sehingga mudah berpuas diri. Biasanya tipe orang yang seperti justru jadi enggan untuk belajar. Hal ini membuat mereka jadi kehilangan momentum terbaik untuk bekerja dan memaksimalkan potensi dirinya dengan baik.

Sekian artikel tentang konsekuensi percaya diri yang berlebihan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Manfaat Memiliki Growth Mindset Di Tempat Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar