Hindari 3 Kesalahan Ini Ketika Presentasi
Siker.id | 25 May 2022 15:45


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Saat sedang menampilkan sebuah presentasi, terkadang Anda merasa demam panggung. Pasti pernah juga Anda merasa bahasa tubuh, kosakata, atau suasana yang Anda ciptakan terlihat membosankan atau tidak menarik perhatian audiens.

Mungkin melihat seseorang tampil membawakan presentasi tampak sederhana dan mudah, tetapi ternyata tidak semudah yang Anda bayangkan. Kesalahan juga pasti pernah Anda alami ketika menampilkan presentasi Anda.

Baca juga : 3 Tips Hindari Kesalahan Dalam Menentukan Karir

Nah, berikut ini ada beberapa kesalahan yang bisa Anda hindari ketika sedang presentasi. Simak dibawah ini.

1. Menatap Hanya Satu Tempat Di Antara Audiens

Menatap hanya satu titik dimana audiens berada bukanlah pilihan yang baik. Karena audiens memperhatikan Anda ketika Anda tidak melihat siapa pun dan seperti membuat gerakan mata ke atas, menatap satu tempat, maka akan membuat Anda terlihat seperti tidak yakin dengan diri sendiri.

Sebaliknya, cobalah melihat berbagai orang di antara audiens. Dengan cara ini, audiens akan merasa bahwa mereka penting dan mereka akan memperhatikan Anda sebagai gantinya.

Baca juga : 3 Kesalahan Besar Dalam Melakukan Public Speaking

2. Menyilangkan Tangan/Kaki

Saat Anda menyilangkan tangan ataupun kaki, Anda mengirimkan pesan halus bahwa Anda tidak terbuka kepada orang lain, menunjukkan kegugupan dan kurangnya profesionalisme. Bagi audiens, Anda seolah-olah bersikap defensif.

Saat Anda menyampaikan presentasi, Anda harus memfasilitasi komunikasi. Anda harus tampil sebagai orang yang mudah didekati. Dan Anda harus terlihat seolah-olah Anda memiliki keyakinan pada pesan Anda. Untuk mencapai ini, jaga punggung Anda tetap lurus, kepala tinggi, dan dada serta tangan terbuka.

3. Berdiri di Posisi Yang Sama Untuk Keseluruhan Presentasi

Jika Anda seorang pembicara yang berdiri di tempat yang sama karena takut tersandung dan jatuh, maka Anda perlu tahu bahwa kemungkinan ketakutan itu sangat tinggi. Untuk menghindari ketakutan tersebut, kenakan sepatu yang nyaman.

Otak Anda membutuhkan gerakan untuk tetap waspada. Dan bergerak di sekitar tempat Anda berada saat Anda melakukan presentasi adalah cara yang ampuh untuk menjaga perhatian audiens. Jadi, jangan sia-siakan cara yang ampuh ini, karena Anda takut akan sesuatu yang hampir tidak pernah terjadi.

Demikian beberapa kesalahan yang perlu Anda hindari ketika menjadi pembicara saat presentasi, semoga membantu Anda dalam menerapkan penampilan di depan audiens ya!

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan di Tempat Magang


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar