3 Keuntungan Memilih Bekerja sebagai Freelancer
Siker.id | 25 May 2022 08:30


Bagikan ke
Keuntungan bekerja freelance (siker)

siker.id - Dalam beberapa tahun terakhir, freelancer atau pekerja lepas sudah menjadi sangat populer, khususnya di kalangan anak muda milenial. Freelance bukan hanya dipilih karena kebutuhan ekonomi, tetapi sudah menjadi sebuah gaya hidup. banyaknya pilihan pekerjaan freelance membuat anak-anak muda saat ini tertantang untuk beralih dari pekerjaan kantoran menuju pekerjaan lepas yang menawarkan banyak keuntungan ini. Freelancer artinya menjadi bos untuk diri sendiri. Berbagai kemudahan yang didapat menjadi alasan jenis pekerjaan ini digandrungi. Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Tips menjadi Freelancer yang Sukses

Manajemen sepenuhnya berada di tanganmu

Seperti pada poin pertama, freelancer adalah bos untuk diri sendiri. Kamu bebas memilih proyek, jadwal, pakaian, hingga aspek lain bagaimana menyelesaikan pekerjaan yang diterima. Freelancer melakukan segala alurnya sendiri, mulai dari mencari klien, mengatur pengeluaran, negosiasi upah kerja, hingga membuat laporan. Mungkin ini terdengar sulit, tetapi freelancer memang memegang otoritas tertinggi dalam manajemen pekerjaannya.

Bisa bekerja dari mana saja

Bekerja sebagai karyawan tetap di sebuah perusahaan mengharuskanmu datang ke kantor setiap hari kerja. Absen dan kehadiran adalah sesuatu yang sangat diperhitungkan sebagai penilaian kinerjamu. Belum lagi kebijakan penempatan yang biasanya terjadi di perusahaan. Namun, ini semua gak berlaku bagi seorang freelancer. Freelancer dapat memilih lokasi kerjanya sendiri. Kamar tidur, ruang kerja pribadi di rumah, dan kedai kopi kerap menjadi pilihan bagi freelancer di era modern ini.

Baca juga: 3 Skill Freelancer Yang Wajib Dimiliki

Wewenang menentukan upah kerja

Freelancer gak meminta kenaikan gaji pada atasan atau menunggu tahun pertama untuk bisa renegosiasi gaji. Sebagai freelancer, kamu menetapkan upah kerja sendiri. Itu artinya, penghasilan bulananmu tergantung pada berapa banyak pekerjaan yang kamu terima. Upah kerja yang diterima freelancer biasanya tergantung pada harga pasar untuk keterampilan yang dimilikinya. Kamu bisa menaikkan tarif dari waktu ke waktu berdasarkan portofolio dan reputasi yang kuat.

Sekian artikel tentang keuntungan memilih bekerja sebagai freelance. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Skill Freelancer yang Penting untuk Bekerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar