Percaya Diri Berlebihan Di Kantor Berbahaya, Ini 3 Dampaknya
Siker.id | 24 May 2022 17:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Percaya diri adalah salah satu sifat yang wajib kita miliki apalagi di dalam dunia kerja. Namun, wajib memiliki bukan berarti kamu bisa menjadi berlebihan percaya diri di kantor. Justru hal itu dapat membahayakan dirimu sendiri, lho. 

Berikut ini ada beberapa dampak buruk jika kamu percaya diri berlebihan di kantor. Simak ya!

Baca juga : Berikut 5 Dampak Terlalu Percaya pada Rekan Kerja

1. Kualitas kerja menurun

 

Orang yang terlalu percaya diri biasanya teramat yakin bahwa pekerjaannya baik tanpa cela. Kepercayaan diri ini tentu baik jika benar-benar diimbangi dengan kenyataan yang sesuai.

Akan tetapi, hal ini jadi masalah ketika kualitas pekerjaannya menurun. Keyakinan bahwa mereka tidak melakukan kesalahan membuat mereka sulit menerima kritikan yang bersifat membangun. Hal ini bisa memengaruhi kinerja perusahaan secara menyeluruh.

2. Menciptakan konflik

 

Terlalu percaya diri biasanya membuat seseorang jadi arogan. Biasanya, ini lebih sering dirasakan oleh orang yang bekerja sama ketimbang dirinya sendiri.

Orang yang overconfidence memiliki kecenderungan untuk omong besar, tidak peduli, dan meremehkan orang lain. Hal ini semakin memungkinkan terjadinya konflik dan menciptakan lingkungan kerja yang tidak nyaman.

Baca juga : Bagaimana Meningkatkan Percaya Diri di Kantor?

3. Tidak menghargai orang lain

 

Orang yang punya kepercayaan diri berlebih sering kali merasa semua kesuksesan adalah berkat usahanya sendiri dan tidak segan menerima pujian atas pekerjaan rekan kerjanya. 

Alhasil, ia jadi sering melupakan upaya orang lain. Jika mereka berada dalam posisi yang lebih tinggi, tentu ini membuat anggota tim merasa sia-sia dan tidak diapresiasi.

Nah, itulah dia beberapa dampak buruk yang bisa kamu sebabkan jika percaya diri berlebihan di kantor. Boleh saja memiliki sifat percaya diri, tetapi jangan sampai merugikan diri sendiri, lingkungan, dan juga karirmu ya!

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Tips Percaya Diri saat Interview Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar