3 Penyebab Turunnya Semangat Kerja Karyawan
Siker.id | 24 May 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi karyawan yang lesu (freepik/siker.id)

siker.id - Rutinitas sehari-hari dalam bekerja memanglah itu-itu saja dan terkadang membuat tidak semangat bekerja. Hal ini pun juga terjadi bukan tanpa alasan, tetapi adanya banyak faktor yang bisa memengaruhinya. Kondisi tidak semangat kerja ini sering muncul, jadi bukanlah suatu hal yang janggal.

Nah, dibawah ini ada beberapa penyebab kenapa seorang karyawan tidak semangat kerja saat di kantor. Simak berikut ini.

Baca juga : 3 Ciri-Ciri Karyawan Yang Underperforming

1. Gaji yang tidak sesuai harapan

Hal ini bahkan cukup banyak dirasakan oleh para pekerja di era modern ini. Biasanya, ketidaksesuaian ini terjadi saat upah yang diberikan terasa tidak sebanding dengan jumlah pekerjaan yang wajib dituntaskan.

Hal inilah yang bisa berdampak pada produktivitas kerja kamu dan menyebabkan penurunan performa kamu di tempat kerja. Apabila hal ini terjadi, solusinya adalah kamu harus berani mengatakan tidak untuk pekerjaan yang bukan tanggung jawab kamu.

Baca juga : 3 Penyebab Mudah Dimanfaatkan Rekan Kerja

2. Tidak adanya perkembangan karier

Bertahun-tahun bekerja lama di sebuah perusahaan, tetapi, tidak ada kemajuan yang didapatkan sudah pasti bisa membuatmu tidak semangat bekerja. Kemajuan ini tentunya mengacu pada jenjang karier maupun perkembangan diri.

Sebagai solusi, kamu bisa mulai membuat target pencapaian pribadi, atau sampaikan pada atasan terkait kesempatan untuk mengembangkan skill melalui pelatihan atau webinar.

3. Sistem kerja yang kaku

Pada dasarnya, ada beberapa orang yang terbiasa untuk bekerja dengan pengawasan ketat dari seorang micromanager, dan ada yang tidak. Ketika kamu menemukan kondisi kerja yang tidak sesuai dengan harapan, hal tersebut akan berdampak pada semangat kerja.

Sebagai solusi, sebelum memutuskan untuk bekerja, cari tahu terlebih dahulu mengenai situasi kerja di perusahaan tempat kamu mendaftar. Bila memang tidak sesuai ekspektasi, jangan memaksakan diri untuk menerima tawaran kerja mereka.

Demikian tadi di atas adalah beberapa dari penyebab kenapa semangat kerja dari karyawan menurun, semoga artikel ini bermanfaat ya!

Sekian, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Awas Di Pecat! Hindari 3 Bad Attitude Kerja Ini


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar