3 Tips Hilangkan Gap Generasi di Tempat Kerja
Siker.id | 24 May 2022 14:30


Bagikan ke
Hilangkan gap generasi (siker)

siker.id - Perbedaan umur yang mengakibatkan generation gap/kesenjangan generasi seringkali terjadi di lingkungan rumah maupun di lingkungan kantor. Hal ini terjadi karena perbedaan karakteristik dari berbagai macam generasi. Saat ini, generasi muda memulai karier profesional mereka sementara karyawan yang lebih tua tetap bekerja lebih lama karena kebutuhan ekonomi. Secara alami, ini berarti banyak karyawan perusahaan di beberapa generasi yang berbeda: Generasi Z, Milenial, Generasi X, bahkan Baby Boomers. dengan adanya karyawan yang dari lintas generasi ini lalu bagaimana caranya menghilangkan gap gap yang ada sehingga antar generasi ini bisa saling bekerjasama dengan baik? berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Etika Dalam Dunia Kerja untuk Milenial

Lihat dari perspektif orang lain

Tunjukkan rasa hormat yang sama yang Anda lakukan untuk atasan yang lebih berpengalaman ataupun orang yang lebih muda sekalipun. Hal ini juga harus disampaikan oleh pihak manajemen ke karyawan sehingga menjadi budaya dari perusahaan.

Memberikan tantangan kepada tim Anda

Ketika Anda menantang tim Anda untuk meningkatkan kualitas atau produktivitas, sifat terbaik mereka akan muncul. Anda mungkin menghadapi perlawanan pada awalnya, tetapi Anda perlu melatih mereka melewatinya. Salah satu tantangan tersebut adalah bagaimana menaklukkan perbedaan generasi ini dan menjadikannya suatu pelajaran berharga bagi individu maupun tim.

Baca juga: Generasi Milenial Memiliki Daya Tarik terhadap PNS

Pastikan keragamanan di dalam tim

Pada awal pembentukan tim, Anda mungkin ingin mendorong anggota tim untuk menetapkan aturan dasar meningkatkan konektivitas dalam tim. Selain itu, Anda dapat menetapkan tantangan kompetitif untuk membantu membangun pola pikir tim. Keberhasilan tantangan akan tergantung pada bagaimana anggota tim bekerja sama daripada hasil apa yang mereka capai. Terlibat dalam sesi umpan balik di akhir proyek. Mintalah setiap orang untuk berbagi wawasan yang dia pelajari tentang nilai kerja sama terlepas dari usia atau keragaman lainnya. Mintalah orang-orang untuk berbagi kesamaan yang mereka amati. Terakhir, jelaskan kepada mereka bagaimana kesamaan itu cocok dengan aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan.

Sekian artikel tentang tips atasi gap generasi di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Perbedaan Milenial dan Generasi Z di Dunia Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar