3 Cara Memberikan Memotivasi buat Kaum Milenial
Siker.id | 24 May 2022 07:00


Bagikan ke
Cara memberi motivasi (siker)

siker.id - Banyak sih orang yang bilang bahwa “Generasi milenial itu suka berubah-ubah, suka hasil yang instan, sangat sensitif, tidak mau berjuang keras” dan lain sebagainya. Meskipun sebagian orang menganggap bahwa itu semua adalah karakter yang buruk, namun sebagian orang berpikir bahwa semua itu adalah keunggulan yang dimiliki oleh generasi milenial. Tidak peduli bagaimanapun persepsi kita terhadap generasi milenial, hal-hal yang perlu kita sadari adalah mereka adalah generasi yang sudah cukup umur untuk memasuki dunia kerja dan bisnis. Pada akhirnya, para generasi milenial ini nantinya akan menjadi para pemimpin masa depan. Lalu bagaimana cara memotivasi generasi milenial agar bisa maju melangkah? Berikut uraiannya!

Baca juga: 3 Tanda Motivasi Kerjamu Terkena Hal yang Toxic

Jauhi Bullshit atau Omong Kosong

Generasi milenial terdiri dari orang-orang yang sangat suka dengan “keaslian” atau “authenticity”. Bagi mereka, “menjadi diri sendiri itu adalah hal yang keren”. Mereka tidak segan-segan menjauhi orang-orang yang bersikap palsu atau bersikap sok asik hanya demi mendapatkan kepercayaan dan ketertarikan dari mereka. Oleh karena itu, ketika generasi baby boomer atau generasi lainnya ingin berusaha untuk memotivasi para generasi milenial menjadi lebih aktif dan giat di kantor, cobalah untuk menjadi diri sendiri. Milenial akan lebih menghargai hal ini daripada mereka harus ditipu dengan seseorang yang berusaha menjadi orang lain.

Bangun Hubungan Interpersonal yang Kuat

Struktur organisasi atau perusahaan itu memang penting, namun cobalah untuk mengesampingkan hal itu sebentar. Ini bukan berarti struktur organisasi ditiadakan, namun jadikan ini sebagai sesuatu yang informal ketika kita ingin membangun hubungan interpersonal yang kuat dengan generasi milenial. Milenial akan lebih mudah merasa demotivasi ketika mereka bekerja di dalam lingkungan kerja yang terlalu kaku dan terlalu banyak protokol. Ini bukan berarti mereka tidak menghargai orang yang lebih tua dari mereka loh. Namun, mereka jauh lebih suka dengan hubungan yang fleksibel dan tidak menegangkan. Sehingga, dengan leluasa mereka dapat membangun hubungan interpersonal yang kuat.

Baca juga: 3 Cara Menjaga Motivasi Kerja Karyawan

Sampaikan Umpan Balik dengan Sesering Mungkin

Meskipun generasi milenial adalah orang-orang yang suka diberikan tanggung jawab dan kebebasan, mereka juga ingin tahu bagaimana hasil kinerja mereka di mata pemimpinnya. Dengan begitu mereka akan lebih bersemangat untuk bisa mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi. Tindakan ini juga akan meningkatkan motivasi para milenial loh! Dengan memberikan umpan balik secara rutin, misalnya sebulan sekali. Karyawan milenial akan merasa disayangi dan diperhatikan oleh para atasannya. Mereka akan paham bahwa para atasannya sangat peduli dengan perkembangan diri mereka di masa kini dan masa depan.

Sekian artikel tentang tips memotivasi diri untuk kaum milenial. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Alasan Pentingnya Menjaga Motivasi Karyawan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar