3 Tips Ampuh Ngobrol Dengan Atasan Tanpa Canggung
Siker.id | 23 May 2022 19:30


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Ingin mengobrol dengan atasan, terkadang membuat kita merasa canggung atau malu apalagi jika kamu tidak terlalu dekat dengan atasan. Sebagai karyawan, pastinya kamu juga membutuhkan masukan dari atasanmu. 

Baca juga : Baper Di Marahin Bos? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Emosimu

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan ketika ingin mengobrol dengan atasan agar tidak merasa canggung.

1. Awali obrolan

Dengan membuka obrolan bersama atasan, kamu bisa membuat atasanmu merasa bahwa kamu mulai terbuka dengannya. Ungkapkan saja hal-hal sederhana. Misalnya, “Saya merasa rapat tadi asik sekali, namun sepertinya bagian X harus sedikit diubah. Bagaimana menurut Anda?” 

Baca juga : 3 Cara Hadapi Bos yang Cerewet

2. Hindari kata kasar

Ketika berbicara dengan atasan, tentu kamu tak boleh menggunakan kata-kata yang terkesan kasar, apalagi menyuruh atasanmu. Misalnya, atasanmu baru saja memberikan masukan tentang pekerjaan.

Untuk meminta penjelasan lebih lanjut, kamu bisa membalas dengan, “Saya memahami mengapa Anda memberi masukan untuk hal ini. Saya akan sangat senang bila bisa mendengar masukan diri sisi Anda lebih lanjut. Namun, saya akan lebih senang lagi bila Anda bisa memahami terlebih dahulu bagaimana strategi yang akan saya terapkan.”

3. Bicaralah tentang sesuatu yang kamu gemari

Jika kamu ragu ingin ngobrol dengan atasan secara santai, cobalah mulai membicarakan tentang hal-hal yang kamu sukai seperti buku yang kamu baca atau proyek yang baru saja kamu selesaikan. Biasanya orang cenderung malu untuk mulai membagikan pandangan, ide atau passion mereka karena takut dihakimi, tapi tidak halnya dengan atasan.

Atasan kamu justru ingin melihat bahwa setiap karyawannya menikmati apa yang mereka lakukan. Tidak usah ragu membagikan cerita tentang hal-hal yang kamu gemari ke atasan kamu.

Nah, itulah dia beberapa tips jika kamu merasa canggung untuk menanyakan atau mengobrol dengan atasanmu, semoga dapat membantu.

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Menghadapi Bos Yang Pilih Kasih


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar