Ketahui 5 Istilah Ini Dalam Keuangan Bisnis
Siker.id | 23 May 2022 14:10


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Beberapa pebisnis mungkin belum terlalu paham bagaimana cara mempelajari dari laba, pengeluaran, akuntansi, dan hal-hal keuangan bisnis lainnya yang dapat memengaruhi kesuksesan bisnis tersebut. Memahami istilah akuntansi keuangan bisnis tentunya dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis dan mencegah dari banyaknya masalah yang akan dihadapi.

Apa saja sih istilah tersebut? Berikut ini beberapa istilah keuangan bisnis yang bisa Anda pahami.

Baca juga : Berikut Tips Mengatur Cash Flow dalam Laporan Keuangan

1. Pembukuan (Bookkeeping)

Pembukuan adalah dokumentasi transaksi secara kronologis. Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat mencatat dan memantau setiap transaksi di jurnal pembukuan atau excel, atau menggunakan software akuntansi yang secara otomatis melacak dan memantau setiap transaksi.

2. Jurnal Umum (General Ledger)

Jurnal umum juga disebut buku besar, pada jurnal umum Anda melacak dan mencatat saldo akun per periode secara kronologis. Anda harus memantau saldo akun, kredit, dan debit, yang kemudian digunakan untuk mendapatkan gambaran besar dari keseluruhan bisnis Anda.

Baca juga : 3 Tips Meningkatkan Kesehatan Keuangan bagi Karyawan

3. Pendapatan (Income)

Penghasilan, pendapatan, dan penjualan adalah semua istilah untuk uang yang dibayarkan orang lain kepada Anda untuk sebuah layanan atau produk, atau investasi yang dilakukan orang lain dalam bisnis Anda.

Jika Anda memberikan kredit kepada pelanggan, berarti mereka berutang kepada bisnis Anda untuk dibayarkan di kemudian hari. Tagihan yang belum dibayar oleh pelanggan masuk ke dalam kategori yang disebut piutang dagang.

4. Margin Laba Bersih (Net Profit Margin)

Berapa banyak uang yang dihasilkan bisnis Anda? Margin laba bersih mengungkapkan jawabannya setelah Anda mengurangi semua pengeluaran dan biaya. Ini bisa berupa tenaga kerja atau iklan yang Anda beli di media sosial.

5. Akuntansi Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement)

Laporan arus kas adalah laporan secara real-time yang memantau berapa banyak uang tunai masuk dan dari mana asal uang tersebut (bukan kredit), dikurangi uang tunai yang dikeluarkan. Arus kas masuk adalah jumlah dari semua uang yang masuk, dari produk atau layanan yang dijual dan langsung dibayar.

Total arus kas keluar adalah jumlah uang yang Anda habiskan untuk bisnis Anda, misalnya, membeli persediaan. Mempertahankan kondisi arus kas yang sehat dapat membantu Anda menghindari kebangkrutan. Jadi, catat dan pantau keuangan bisnis dengan Jurnal, mudah dan praktis.

Nah, itulah dia beberapa istilah keuangan bisnis umum yang perlu Anda pahami ketika memulai membangun sebuah bisnis, semoga artikel ini bermanfaat dalam mengembangkan bisnis Anda ya!

Sekian, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar