4 Tips Opening Presentasi Yang Menarik
Siker.id | 23 May 2022 13:35


Bagikan ke
Ilustrasi sedang presentasi (freepik/siker.id)

siker.id - Presentasi merupakan aktivitas untuk menunjukkan ide, gagasan, serta laporan kepada audiensi. Penampilan dalam presentasi tentunya sangat penting, selain agar audiensi tidak merasa bosan, pembukaan presentasi harus di tampilkan dengan menarik di awal. Apalagi jika skill berbicara kamu di depan publik sangat baik dan luwes, pasti presentasimu menjadi hal menarik untuk diperhatikan para audiensi dan berjalan lancar.

Simak beberapa tips pembukaan yang menarik saat presentasi dibawah ini.

Baca juga : 3 Tips Cara Menjawab Pertanyaan saat Presentasi

1. Buka dengan Data dan Fakta

Biasanya jenis pembukaan presentasi seperti ini digunakan agar audiensi langsung memahami permasalahan yang sedang terjadi. Dengan begitu, audiensi yang hanya memiliki sedikit waktu, akan tetap fokus menyimak presentasi kamu sampai akhir.

2. Ajak Audiensi Berimajinasi

Jika mempresentasikan sebuah ide kreatif, kamu bisa mengajak audiensi berimajinasi. Cara membuka presentasi satu ini biasanya digunakan oleh mahasiswa jurusan desain, pekerja digital agency, atau pegawai perusahaan startup.

Berikan kalimat presentasi yang bisa mengajak audiensi berimajinasi, misalnya seperti “Mari kita bayangkan jika semua kebutuhan kita bisa dipenuhi oleh hanya satu aplikasi!”. 

Baca juga : 3 Tips Menjalani Kerja yang Jauh dari Tempat Tinggal

3. Buka dengan Lelucon

Salah satu cara membuka presentasi yang menarik adalah membukanya dengan lelucon yang berhubungan materi kamu. Karena lelucon atau lawak bisa mencairkan suasana agar presentasi tidak terlihat membosankan.

Berikanlah lelucon sederhana, misalnya seperti “Milenial itu katanya susah banget buat beli rumah. Ya gimana enggak susah, orang kerjaannya ngejar hidden gem terus.”

4. Buka dengan Video

Video pendek juga bisa menjadi pembukaan presentasi yang baik karena audiensi pasti tertarik dengan ilustrasi visual. Kamu tinggal sedikit pengantar sebelum memutar videonya.

Misalnya berikan satu contoh kalimat yang memacu audiensi agar memperhatikan apa yang sedang kamu presentasikan, seperti “Banyak anak muda mengaku kesulitan membeli rumah karena suku bunga yang sangat tinggi. Berikut adalah video singkat yang kami buat setelah wawancara dengan beberapa anak muda.”

Demikian sejumlah tips pembukaan presentasi agar lebih menarik dan berjalan lancar, semoga bermanfaat dalam menjalankan sebuah presentasi.

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan di tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Rutinitas Pagi yang Bangkitkan Produktivitas Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar