icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Jenis Musik yang Bisa Bangkitkan Produktifitas Kerja
Siker.id | 23 May 2022 16:00


Bagikan ke
Jenis musik tingkatkan produktivitas (siker)

siker.id - Pada dasarnya setiap manusia diciptakan berbeda-beda, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu cara berpikir setiap manusia pun pasti akan berbeda-beda, dan sudut pandang dari setiap individu terhadap suatu hal pun pasti berbeda-beda. Dalam menjalankan kegiatan dan rutinitas masing-masing pun setiap orang atau individu pasti memiliki caranya masing-masing untuk dapat berkonsentrasi dan fokus menjalankannya. Salah satunya bisa mendengarkan musik. Musik ternyata memiliki semacam kekuatan yang bisa membuat pendengarnya relaks dan bisa berkonsentrasi penuh pada pekerjaan. Tetapi perlu diingat tidak semua jenis musik bisa membangkitkan produktivitas kerja. Oleh karena itu berikut beberapa jenis musik yang bisa didengarkan untuk menumbuhkan produktifitas kerja.

Baca juga: 3 Cara Tetap Produktif selama Bekerja Shift Malam

Jazz

Jazz adalah jenis musik yang berasal dari orang Amerika kulit hitam yang menonjolkan improvisasi, sinkopasi, ritme, dan diiringi dengan instrumen khusus. Musik Jazz merupakan jenis musik yang sangat personal yang mirip seperti blues, memiliki vokal yang unik, suara instrumental, dan ditambah improvisasi dari pemainnya dan memperlihatkan kesempurnaan dalam sebuah musik. Musik jazz yang seringkali kerap disebut sebagai kesempurnaan musik ini terbukti dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus seseorang karena music jazz menonjolkan improvisasi, sinkopasi, ritme, dan diiringi dengan instrumen khusus.

Musik Alam

Musik alam adalah suara yang memiliki nada yang dihasilkan secara natural tanpa bantuan alat buatan tangan manusia. Contohnya suara langkah kaki manusia atau pun hewan yang sedang berjalan atau berlari, suara desiran angin, suara pepohonan atau rerumputan yang saling bergesekan satu dengan lainnya atau suara cuitan burung atau suara hewan lainnya bahkan termasuk juga suara desiran ombak. Musik alam terbukti dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus karena memberikan efek rasa ketenangan, keheningan dan kebebasan bagi pendengarnya. Musik alam juga seringkali digunakan sebagai alat bantu terapi tidur bagi seseorang yang mengalami kesulitan untuk tidur.

Baca juga: 3 Alasan Harus Berteman dengan Orang Produktif

Klasik

Membahas musik klasik, Wolfgang Amadeus Mozart atau yang lebih sering kita kenal dengan Mozart, merupakan salah satu komponis musik klasik Eropa yang paling berpengaruh dan terkenal sepanjang sejarah bahkan hingga saat ini. Karya-karya yang dihasilkan Mozart begitu banyak hingga telah tercipta kurang lebih 700 karya yang spektakular dan mengagumkan. Dan karena karya-karya musiknya terbukti mampu meningkatkan konsentrasi, fokus, kinerja otak, daya ingat, dan kreativitas untuk hampir seluruh lapisan masyarakat maka Istilah “The Mozart Effect” pun muncul. Bahkan musik Mozart digunakan sebagai salah satu alat atau metode terapi psikologi di bidang Kedokteran.

Sekian artikel tentang jenis musik yang bisa bangkitkan produktifitas kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Produktif Menulis Jurnal Harian


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar