3 Prinsip Stoikisme yang Mampu Tingkatkan Produktivitas
Siker.id | 23 May 2022 07:00


Bagikan ke
Prinsip stoikisme (siker)

siker.id - Stoikisme atau juga disebut stoik merupakan aliran filsafat yang ditemukan oleh seorang saudagar bernama Zeno pada sekitar tahun 304 SM. Inti dari teori filsafat ini adalah untuk mengajarkan bagaimana bisa memiliki hidup yang tenang, damai, dan merasa cukup dengan apa yang sudah dimiliki. Prinsip stoikisme bisa membuat seseorang tidak lagi terpengaruh dengan orang lain. Tetapi para stoik bisa tetap memiliki kesadaran dan penguasaan diri yang baik. Hal ini menjadi jawaban bahwa stoikisme sangat cocok untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari. Berikut kebiasaan yang bisa kamu terapkan!

Baca juga: 3 Jenis Kegiatan yang Bisa Menambah Produktifitas

Menerapkan prinsip hidup minimalis

Gaya hidup minimalis memang terlihat mudah diterapkan. Tetapi rasanya akan sulit jika kamu adalah tipe orang yang mudah sekali terkena godaan. Kebiasaan stoikisme mengajarkan kamu bagaimana cara bisa merasa cukup dengan barang yang kamu punya. Artinya, kamu tidak akan menumpuk banyak sekali barang dengan kegunaan yang sama. Caranya, kamu bisa mendonasikan baju atau barang yang masih layak pakai kepada orang yang membutuhkan. Tantang dirimu untuk bisa hidup minimalis dan bisa mengatur banyak pengeluaran.

Melatih diri untuk kesendirian

Cara menjadi produktif selanjutnya adalah dengan berlatih untuk menyendiri. Tak melulu dalam arti kamu harus pergi berlibur dari hiruk pikuk kegiatan sehari-hari. Tetapi kesendirian dalam arti memiliki pikiran yang tenang dan damai. Berlatihlah agar kamu bisa selalu mendapatkan ketenangan dari dalam dirimu sendiri. Dengan cara mencoba untuk mindfulness, jadwalkan waktu untuk berselancar di sosial media dan juga mengeliminasi gangguan saat bekerja.

Baca juga: 3 Cara Tetap Produktif selama Bekerja Shift Malam

Membaca buku sebanyak yang kamu mampu

Buku merupakan salah satu cara untuk membuat kamu bisa lebih memahami banyak hal. Membaca buku juga bisa meningkatkan kepuasan dengan diri sendiri. Kegiatan membaca bisa diibaratkan sebagai cara menutrisi dan menyegarkan pikiran. Kamu bisa memulai kebiasaan ini agar waktu yang kamu habiskan lebih produktif. Mendengarkan audiobook, membaca di waktu senggang pagi atau malam bisa jadi cara yang sangat tepat. Semakin banyak kamu membaca, maka kamu akan semakin merasa haus akan ilmu.

Sekian artikel tentang prinsip stoikisme yang mampu tingkatkan produktivitas. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Alasan Harus Berteman dengan Orang Produktif


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar