icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Penyebab Mudah Dimanfaatkan Rekan Kerja
Siker.id | 21 May 2022 17:00


Bagikan ke
Penyebab mudah dimanfaatkan (siker)

siker.id - Melakukan pekerjaan di kantor memang menjadi suatu momen yang cukup menyita banyak waktu, energi, dan pikiran. Hal ini juga sering kali berbeda-beda, sebab disesuaikan dengan bobot pekerjaan yang dimiliki satu sama lain. Di antara tanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan, salah satunya berhubungan dengan rekan kerja. Meski mungkin setiap orang berharap terbaik agar dapat sekaligus menjalani hubungan yang baik dengan rekan kerja, namun kenyataannya tak selalu sesuai dengan realitas. Ada rekan kerja yang akhirnya justru mudah memanfaatkanmu dalam segala urusan yang berkaitan dengan pekerjaan. Penyebabnya bisa jadi sebagai berikut!

Baca juga: 3 Cara Menciptakan Kerja Sama dengan Rekan Kerja

Mudah merasa tidak enak dengan rekan kerja

Perasaan tidak enak sering kali menjadi masalah yang sulit sekali terselesaikan dengan baik. Bahkan tidak jarang perasaan seperti ini menjadi bumerang tersendiri bagi mereka yang tetap mempertahankan hal tersebut. Jika kamu terus merasa tidak enak dengan rekan kerja, maka hal ini akan terus berulang terjadi. Kamu jadi sulit dalam mengerjakan tugasmu sendiri, sebab selalu dimanfaatkan oleh rekan kerja lainnya.

Ingin memperoleh atensi dari rekan kerja

Kamu mungkin perlu menanyakan kembali pada diri sendiri mengenai alasan mengapa kamu mau saja dimanfaatkan oleh rekan kerja. Bisa jadi memang hal ini bersumber darimu yang ingin memperoleh atensi dari rekan-rekan kerja yang lainnya. Jangan sampai demi atensi semata, maka kamu rela mengorbankan dirimu untuk lelah menanggung tugas orang lain. Jika kamu bekerja dengan baik dan memberikan hasil maksimal, maka atensi tersebut akan secara otomatis dapat diperolehmu, tanpa perlu memaksakan diri lewat cara yang keliru.

Baca juga: 3 Tips Menghadapi Rekan Kerja Kurang Berkompeten

Kamu masih berstatus junior

Banyak sekali contoh kejadian nyata yang menunjukkan bahwa rekan kerja banyak memanfaatkan seseorang yang posisinya masih sangat junior. Bisa saja karena memang statusmu masih junior, maka kamu sering dimanfaatkan. Jika niatmu hanya untuk membantu sedikit saja, maka tidak masalah. Namun, jika sampai harus menyelesaikan secara keseluruhan hingga memakan banyak waktu dan energi, maka pikirkan berulang kali. Meski kamu junior, namun kamu juga perlu menegaskan posisimu.

Sekian artikel tentang penyebab mudah dimanfaatkan rekan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Jaga Hubungan dengan Rekan Meski Sudah Resign


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar