3 Hal Wajib Dilakukan Jika Tidak Diterima di Tempat Kerja
Siker.id | 21 May 2022 12:00


Bagikan ke
Jika tidak diterima di tempat kerja (siker)

siker.id - Pernahkah kamu sampai saat ini masih tidak diterima di lingkungan tempat kerjamu? Tidak merasa diterima oleh rekan-rekan kerjamu? Kamu tidak punya satu teman pun, mereka menghindarimu dan bersikap acuh, bahkan kamu juga canggung berada di tempat tersebut adalah tanda mereka tidak menerimamu. Hal seperti ini harus diatasi. Pasalnya, hampir seluruh waktumu berasa di tempat kerja dan jika kamu tidak betah, maka itu menyangkut ketidakbahagiaanmu. Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan beberapa hal dibawah ini.

Baca juga: 3 Tips Menjalani Kerja yang Jauh dari Tempat Tinggal

Keluar dari zona nyamanmu

Penjelasan untuk ketidaknyamananmu di tempat kerja bisa jadi karena kamu tidak cukup menempatkan diri di sana. Jika itu masalahnya, maka cobalah temukan kesamaan dengan rekan kerjamu. Undang mereka untuk makan siang atau ke acara sepulang kerja untuk mengenal mereka lebih baik. Mengambil inisiatif dalam situasi tersebut dapat membuatmu tampak lebih mudah didekati dan menciptakan peluang untuk terhubung dengan mereka. Ide lainnya yang bisa kamu lakukan adalah berusahalah untuk lebih bersosialisasi saat istirahat. Bergabunglah dalam percakapan saat makan siang. Hadiri happy hour atau acara sosial perusahaan.

Hubungi bantuan

Ketika kamu sudah buntu dengan cara yang kamu lakukan, ada baiknya menghubungi kolega atau teman yang kamu percayai, bahkan jika mereka tidak bekerja di perusahaan. Mereka mungkin dapat menawarkan perspektif, saran, atau setidaknya telinga yang mendengarkan dengan simpatik. Seorang mentor di luar tim dapat memberimu umpan balik yang objektif dan jujur tentang perilaku mana yang disukai dalam organisasi, dan mana yang tidak. Jika kamu tidak memiliki seorang mentor, cobalah untuk berbicara dengannya terkait masalahmu dan mendiskusikan langkah-langkah apa yang dapat kamu ambil untuk menyesuaikan diri.

Baca juga: 3 Cara Ampuh Mengatasi Depresi DI Tempat Kerja

Carilah pekerjaan lain

Jika kamu telah melakukan semua yang kamu bisa dan masih tidak merasa lebih nyaman dengan situasimu saat ini, mungkin sudah waktunya untuk melanjutkan, yakni dalam artian mencari pekerjaan baru. Beberapa tanda yang harus kamu pertimbangan untuk resign dan mencari pekerjaan baru adalah pertama, jika tindakan yang diperlukan untuk menyesuaikan memaksamu menjadi seseorang yang bukan dirimu. Kedua, jika kamu merasa ingin menyesuaikan diri, kamu harus mengkompromikan atau melanggar salah satu nilai atau prinsip inti dalam dirimu. Selain itu, jika tingkat stres menyebabkanmu kurang tidur di malam hari atau jika kamu tidak bisa makan atau kamu merasa tidak enak badan setelah satu tahun, maka ini juga bisa dianggap sebagai tanda untuk resign.

Sekian artikel tentang yang perlu dilakukan jika tidak merasa diterima di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Mengakhiri Percakapan di Tempat Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar