3 Skill Freelancer Yang Wajib Dimiliki
Siker.id | 22 May 2022 09:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Freelancer, salah satu profesi yang tidak hanya membutuhkan hard skill, tetapi soft skill juga perlu melengkapi dirimu. Soft skill inilah yang membedakan kamu dengan para freelancer yang lainnya, hal seperti ini bisa membuat kamu terus mengembangkan keuntungan dari pekerjaan lepas yang dilakukan.

Nah, apa saja sih skill yang wajib dimiliki freelancer? Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Skill Wajib Untuk Seorang Customer Service

1. Manajemen waktu

Sudah tak heran lagi kalau skill manajemen waktu sangat penting bagi freelancer. Akan tetapi, bagi orang yang kurang bisa mengelola waktunya dengan baik, bekerja sebagai freelancer justru bisa jadi suatu hal yang menantang.

Tanpa kendali diri yang baik, akan sulit bagimu untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline yang sudah dijanjikan dengan klien. Jika begitu, kamu akan dianggap kurang profesional dan tidak menghasilkan pekerjaan yang memuaskan.

2. Sales dan negosiasi

Karena bekerja sendiri, kamu harus bisa memasarkan jasamu secara mandiri pada calon klien yang potensial. Tidak hanya menarik calon klien saja, namun kamu juga nantinya harus menjalin hubungan agar orang-orang mau menggunakan jasamu lagi dan lagi.

Baca juga : 4 Skill Yang Wajib Dimiliki Guru

Saat ada yang tertarik menggunakan jasamu, kamu juga harus pandai bernegosiasi agar tidak dibayar terlalu rendah. Dua skill ini sangat penting untuk memastikan kamu akan mendapatkan penghasilan yang stabil dan cukup untuk kebutuhanmu sehari-hari.

3. Komunikasi

Untuk bisa mempromosikan diri dan bernegosiasi dengan baik, tentunya kamu harus memiliki skill dasar komunikasi terlebih dahulu. Dengan kemampuan ini, kamu bisa menjadi proaktif saat dikontak klien.

Komunikasi juga tentu dibutuhkan selama kamu bekerja dan menyelesaikan suatu proyek. Klien perlu komunikasi yang jelas agar tahu sudah sampai mana perkembangan pesanannya. Kamu juga harus bisa menjawab pertanyaan mereka dengan baik agar semuanya jelas dan berjalan lancar.

Itulah dia beberapa skill yang wajib kamu miliki para freelancer, jangan sampai kamu tidak disiplin waktu dan tidak bisa beradaptasi dengan banyaknya karakter dari klien yang kamu temui. 

Sekian artikel ini, semoga membantu. Terima kasih.

Baca juga : 4 Skill Penunjang Bagi yang Bekerja Bidang Keuangan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar