Karyawan MInta Naik Gaji? Lakukan 3 Hal Ini!
Siker.id | 20 May 2022 19:00


Bagikan ke
Ilustrasi gaji (freepik/siker.id)

siker.id - Naik gaji adalah kata-kata sederhana, tetapi sukses membuat beberapa perusahaan bingung tentang keputusan apa yang harus diambil. Hal yang wajar apabila permintaan ini datang dari seorang karyawan, tetapi yang membuat perhatian pertama adalah kinerja karyawan dan juga kemampuan keuangan perusahaan.

Nah, berikut ini ada beberapa langkah agar Anda tidak kehilangan karyawan berharga sekaligus menjaga produktivitas mereka.

Baca juga : Gagal Diterima Kerja? Lakukan 5 Hal Ini!

1. Jangan langsung bertindak

Ketika pertama kali mendengar atau membaca proposal kenaikan gaji karyawan kemungkinan Anda akan bingung harus mengambil keputusan apa. Jangan langsung bertindak seperti langsung menolak atau langsung menerima kenaikan gaji karyawan Anda. Keputusan kenaikan gaji karyawan tidaklah harus diputuskan saat itu juga.

Baca juga : 4 Tips Yang Di Lakukan Ketika di Kejar Deadline

2. Akui keberaniannya

Untuk meminta kenaikan gaji tidaklah semua karyawan bisa atau berani untuk mengajukannya. Namun, ketika ada karyawan yang berani untuk meminta kenaikan gaji sudah pasti mereka telah melakukan pertimbangan dan percaya bahwa mereka layak untuk kenaikan gaji. 

Anda sebagai pemilik perusahaan sebaiknya mau mengakui keberanian mereka, karena itu adalah bentuk apresiasi Anda kepada karyawan itu. Terlebih lagi jika karyawan tersebut adalah karyawan berprestasi yang menjadi aset bagi perusahaan.

3. Bicarakan dengan orang yang tepat

Untuk membahas kenaikan gaji karyawan tidaklah Anda harus memutuskannya sendiri. Anda bisa ajak bicara HR Anda untuk memberikan informasi terkait dengan karyawan itu.

Anda bisa mendapatkan informasi apakah gaji yang diberikan sudah sesuai dengan kinerjanya atau memang pantas untuk mendapatkan kenaikan gaji. Dengan informasi yang Anda dapatkan, Anda tentu saja akan dapat memutuskan apakah karyawan Anda layak mendapatkan kenaikan gaji atau tidak.

Nah, di atas tadi adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan ketika dihadapkan dengan situasi permintaan karyawan akan kenaikan gajinya. Sekian artikel ini, semoga membantu Anda dalam menangani permintaan kenaikan gaji karyawan ya!

Jika ada kritik dan saran silahkan di tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Lakukan 3 Cara Ini Agar Lebih Proaktif Saat Bekerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar