5 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Oleh Pemimpin
Siker.id | 20 May 2022 18:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah, apalagi membawahi banyak karyawan di perusahaan yang besar. Ambisi menjadi seorang pemimpin bukan hanya dari karakter dan keberanian seseorang, tetapi juga dari bagaimana Anda diakui dan di anggap oleh karyawan Anda. 

Nah, dibawah ini ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh seorang pemimpin.

Baca juga : 3 Tips Memilih Pemimpin Kerja yang Baik

1. Menghalalkan segala cara

Dalam membuat pencapaian, seorang pemimpin sejati tidak akan menghalalkan cara-cara licik dan tidak terpuji. Ujung dari menghalalkan segala cara.

Kecurangan hanya membuat Anda menang di sedikit pertarungan, namun Anda sama sekali kalah dalam peperangan yang sesungguhnya. Cara-cara kotor tidak bisa menjadikan seseorang disebut sebagai pemimpin sejati.

2. Hanya mencari posisi

Pemimpin bukan hanya bos. Seseorang dikatakan pemimpin jika ia menggerakkan perubahan, mampu mengembangkan potensi diri dan lingkungan. Kepemimpinan adalah tentang perhatian terhadap potensi diri sekaligus orang lain untuk maju.

Memang, kekuasaan selalu dekat dengan kepemimpinan, namun itu bukan kunci utama menjadi seorang pemimpin sejati.

Baca juga : 3 Keterampilan Komunikasi yang Tepat untuk Pemimpin

3. Terlalu mendikte

Berhenti mendikte bagaimana seseorang harus bekerja dan apa yang tidak boleh mereka kerjakan. Seorang pemimpin sejati tidak akan melakukan ini. Kepemimpinan berarti membantu orang lain menemukan jalannya sendiri untuk mengerjakan dan menghasilkan sesuatu.

4. Bertahan pada tradisi lama

Status quo adalah momok bagi setiap kepemimpinan. Kepemimpinan tidak akan berarti apa-apa tanpa pemahaman untuk adanya perubahan, sehingga dapat mengawalnya dengan kecakapan yang dimiliki.

5. Gila proses, mengabaikan bawahan

Pemimpin sejati tidak akan mengatakan "Tidak peduli bagaimana caranya pekerjaan ini harus selesai!" Tanpa orang-orang di bawahnya atau di belakangnya, seseorang tidak bisa disebut pemimpin sejati. Seorang pemimpin sejati tidak akan meletakkan hal lain lebih tinggi dari 'pengikut'.

Itulah dia beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh pemimpin, karena bagaimanapun karyawanmu juga manusia. Apabila memang membutuhkan hasilnya dengan cepat, bisa disampaikan dengan baik dan juga bertanya atau follow up karyawan sampai dimana pekerjaannya berjalan.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Ciri Seorang Pemimpin yang Baik


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar