3 Profesi Terbaik Untuk Lulusan Planologi
Siker.id | 19 May 2022 15:30


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Planologi atau perencanaan wilayah dan kota adalah salah satu jurusan kuliah dengan lapangan kerja yang luas. Tidak hanya bisa bekerja di pemerintahan, tetapi bisa juga di perusahaan swasta, lho. Pilihan pekerjaannya pun beragam.

Baca juga : 4 Peluang Profesi Lulusan Sarjana Hukum

Berikut ini ada beberapa prospek kerja untuk lulusan dari Planologi.

1. Perencana wilayah dan kota

Sesuai nama jurusannya, kamu bisa menjadi seorang perencana wilayah dan kota. Jenis pekerjaan yang satu ini memiliki definisi dan tanggung jawab yang luas.

Kamu akan melakukan banyak survei, visitasi, hingga penelitian yang tujuan akhirnya adalah merencanakan layout wilayah dan kota.

Selain itu, kamu juga akan berhubungan dengan banyak pihak, antara lain pemerintah, pengacara, developer, masyarakat, dan ilmuwan sosial untuk membahas tentang perencanaan serta penggunaan lahan.

Baca juga : 4 Peluang Pekerjaan Lulusan Sarjana Psikologi

2. Perencana transportasi

Beberapa tahun belakangan, transportasi publik di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Dengan demikian, tak heran jika perencana transportasi merupakan salah satu prospek kerja lulusan perencanaan wilayah dan tata kota yang paling diincar.

Seorang perencana transportasi bertanggung jawab untuk menganalisis dan menyarankan pengoperasian sistem transportasi. Selain itu, mereka juga bertugas untuk mengembangkan berbagai model transportasi.

3. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

 

Dikutip dari laman resmi Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK), seorang lulusan perencanaan wilayah dan tata kota juga memiliki kesempatan yang luas untuk bekerja di institusi pemerintahan.

Beberapa lembaga yang menerima lulusan jurusan ini antara lain Kementerian PUPR, Kementerian LHK, Kementerian Perhubungan, dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Dengan bekerja di institusi pemerintahan, lulusan perencanaan wilayah dan tata kota otomatis termasuk dalam Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Itulah dia beberapa prospek kerja yang bisa kamu pilih untuk mengembangkan karir sebagai lulusan planologi atau perencanaan wilayah dan kota. Sekian untuk artikel ini, semoga bermanfaat untuk kamu menentukan karir berikutnya setelah lulus.

Jika ada kritik dan saran silahkan ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Profesi Terbaik Lulusan Teknik Mesin


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar