3 Manfaat Utama Program Magang buat Perusahaan
Siker.id | 20 May 2022 20:30


Bagikan ke
program magang (siker)

siker.id - Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan besar mulai banyak yang membuka kesempatan magang bagi mahasiswa tingkat akhir dan freshgraduate. Magang menjadi program favorit bagi anak muda untuk mengenal serba-serbi dunia kerja. Selain bermanfaat bagi peserta, magang juga memberi keuntungan untuk perusahaan penyelenggaranya, lho. Selain bermanfaat bagi mereka yang mengikutinya, program magang bagi perusahaan juga punya beberapa benefit. Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Tips Mencari Informasi tentang Magang

Magang dapat memberi perspektif baru dalam bisnis

Mendapatkan perspektif baru di luar tim perusahaan seringkali memberikan inspirasi yang luar biasa. Ini juga bisa didapat dari program magang yang dijalankan dengan benar. Para peserta magang yang bukan bagian dari perusahaan atau bahkan bisa jadi sehari-hari adalah dia adalah konsumen akan membuka peluang perspektif baru tentang bisnis. Mereka dapat memberi strategi dan rencana lain untuk jalannya perusahaan. Guna memaksimalkan potensi ini, coba untuk mengikutsertakan peserta magang dalam sesi brainstorming. Dorong mereka untuk menyampaikan pendapat.

Magang menjadi entry-level hires

Jika kamu adalah pimpinan atau HRD perusahaan, mana yang akan kamu pilih; mempekerjakan orang yang sama sekali belum pernah bekerja di perusahaanmu atau mempekerjakan orang yang sudah mengenal perusahaan? Tentu saja pilihan kedua akan terasa lebih mudah. Selama program magang berjalan, peserta telah diajari mengenai perusahaan dan bagaimana bisnis berjalan. Maka dari itu, saat ini program magang juga menjadi entry-level hires bagi perusahaan besar.

Baca juga: Berikut Tips Mencari Tempat Magang yang Pas

Peluang untuk belajar dari peserta magang

Bukan hanya peserta magang saja yang mendapat bimbingan, sebaliknya karyawan perusahaan juga bisa mendapat pelajaran baru dari peseta magang. Faktanya, memang banyak karyawan yang mendapat ilmu baru dari para siswa. Bertemu dan berbicara dengan anak muda akan memberi pengetahuan baru bagi karyawan. Misalnya, secara sederhana mereka dapat belajar tentang software editing video, presentasi, dan pemanfaatan teknologi untuk memudahkan pekerjaan. Ditambah lagi teori-teori yang didapat di bangku kuliah bisa berguna untuk jalannya bisnis.

Sekian artikel tentang manfaat magang buat perusahaan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan ke banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Jitu menjadi Karyawan Tetap saat Magang


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar