3 Jenis Konflik Yang Sering Terjadi Di Kantor
Siker.id | 18 May 2022 16:00


Bagikan ke
Ilustrasi sedang konflik pendapat (freepik/siker.id)

siker.id - Konflik adalah salah satu hal yang pasti terjadi dalam lingkungan kerja. Jika konflik ini tidak segera ditangani, bisa membuat para pegawai di kantor menjadi stres dan juga berdampak pada performa kerja tidak maksimal.

Untuk mengetahui jenis konflik apa saja sih yang rentan terjadi di lingkungan kerja, nah simak berikut ini.

Baca juga : Kriteria Lingkungan Kerja Yang Baik dan Sehat

1. Perbedaan gaya bekerja

Setiap anggota tim pasti memiliki gaya bekerja yang berbeda-beda. Ada yang lebih suka bekerja dengan pendekatan team-oriented, tapi ada juga yang lebih memilih mengerjakan segala sesuatunya sendiri karena dirasa lebih cepat.

Perbedaan gaya kerja ini yang dapat memicu konflik. Sebagai team leader, Anda harus bisa memahami gaya kerja masing-masing pegawai sehingga tahu langkah atau pendekatan apa yang harus diambil jika misalnya terjadi konflik.

2. Konflik kepemimpinan

Sama seperti gaya bekerja, setiap pemimpin pasti memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda-beda pula. Terlebih jika Anda memiliki co-founders, perbedaan gaya memimpin pasti akan lebih terasa. Ingatlah bahwa Anda bukan satu-satunya atasan yang dihadapi oleh pegawai Anda. 

Baca juga : 4 Tips Menghindari Konflik dengan Atasan

Misalnya, Anda menerapkan gaya kepemimpinan dengan pendekatan langsung dan personal, sedangkan co-founder Anda lebih suka dengan komunikasi yang terbuka. Untuk mengelola perbedaan ini, Anda bisa berkumpul dengan seluruh anggota tim leadership dan menyusun semacam guideline atau nilai-nilai agar tercipta konsistensi dalam pengambilan keputusan meskipun gaya memimpinnya berbeda.

3. Konflik kepribadian

Ini dia tipe konflik yang sepertinya paling sering terjadi di dunia kerja. Umumnya, konflik yang terkait kepribadian bisa terjadi karena munculnya persepsi terhadap karakter, tindakan, atau motif seseorang. 

Cara untuk mengatasi konflik seperti ini adalah dengan berkomunikasi. Ingat, there are always two sides of every story. Kesampingkan ego dan tunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli dengan pegawai Anda.

Nah, itulah dia beberapa jenis konflik yang sering terjadi atau dijumpai ketika berada di lingkungan kerja. Semoga bisa membantu Anda dalam menyelesaikan konflik, dan memahami karakter karyawan Anda dengan pendekatan seperti apa yang digunakan.

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan di tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Menyelesaikan Konflik Kerja Tim


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar