icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Dampak Pentingnya Reward Untuk Karyawan
Siker.id | 18 May 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Seringkali perusahaan masih belum paham pentingnya memberikan reward untuk karyawan. Kamu pasti pernah melihat rekan rekan kerja dan karyawan di sekelilingmu terlihat kurang bersemangat saat bekerja, baiknya jangan langsung ditegur.

Cobalah untuk diajak ngobrol atau perusahaan bisa memberikan reward. Pemberian reward tidak hanya untuk mempertahankan karyawan, tetapi juga untuk memotivasi karyawan untuk bekerja lebih baik lagi. Selain itu pemberian reward mampu meningkatkan motivasi dan loyalitas karyawan.

Dibawah ini merupakan beberapa dampak positif yang dirasakan oleh karyawan jika perusahaan memberikan apresiasi terhadap karyawan.

Baca juga : 4 Dampak Overthinking Bagi Karyawan

1. Kerja menjadi lebih produktif

Jika karyawan diberikan apresiasi yang lebih terhadap pekerjaannya, tentu saja mereka akan lebih meningkatkan kinerja dan produktivitas mereka menjadi lebih baik. Dengan demikian, ketercapaian perusahaan pun lebih meningkat.

Selain itu, jika karyawan diberi apresiasi dan reward atas kerja kerasnya oleh perusahaan, tentu karyawan yang lainnya pun akan sama berusaha keras untuk mendapatkan reward tersebut. Sehingga kinerja perusahaan dapat berjalan dengan sangat baik.

2. Menjadi lebih loyal pada perusahaan

Karyawan setelah diberi apresiasi dan reward dari perusahaan akan merasa lebih bahagia dan lebih positif dengan pekerjaannya, tentu saja mereka akan berbagi hal-hal positif mengenai perusahaan kepada orang-orang di sekitarnya.

Baca juga : 3 Sikap Atasan yang Memberi Dampak pada Perusahaan

Selain itu juga, karyawan dapat mempromosikan dan menjual merek perusahaan jauh lebih baik daripada seseorang yang tidak percaya atau peduli tentang perusahaan. Jika perusahaan dapat menghargai kerja keras karyawan, dampak yang dirasakan oleh perusahaan adalah karyawan dapat memiliki perasaan setia terhadap perusahaan dan membantu tim dimana karyawan itu ditempatkan,serta perusahaan merasakan ikatan emosional dengan organisasi perusahaan tempat ia bekerja.

3. Mengurangi angka pengunduran diri

Apabila sebuah perusahaan dapat memperlakukan seluruh karyawan dengan baik dan memberikan apresiasi dan reward yang setimpal dengan apa yang ia kerjakan, tentu mereka akan setia terhadap perusahaan tersebut.

Tingginya angka pengunduran diri pada sebuah perusahaan tentu merupakan salah satu kerugian perusahaan. Waktu yang diperlukan untuk menemukan dan melatih staf baru memengaruhi pemanfaatan dan biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan akan tinggi, sehingga mempertahankan staf harus menjadi prioritas. Pemberian imbalan memberi karyawan alasan yang nyata untuk tetap tinggal.

Itulah dia beberapa dampak positif yang akan perusahaan dapatkan apabila memberikan reward terhadap karyawan karena kerja kerasnya. Perusahaan jadi mendapatkan keuntungan dengan label perusahaan yang sangat baik jika bisa menghargai karyawannya, walaupun hanya memberikan reward kecil kepada karyawannya.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran silahkan di tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Dampak Buruk Perfeksionis di Dunia Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar