3 Cara Mengatasi SMS Spam
Siker.id | 20 May 2022 11:30


Bagikan ke
Sms spam (siker)

siker.id - Pernahkah kamu saat ini ditawari layanan pinjaman melalui SMS oleh nomor yang tidak dikenal sama sekali? Jika pernah, itulah sms yang disebut dengan SMS spam. Jenis SMS ini memang sangat mengganggu karena memang tidak mengenal waktu dalam mempromosikan layanan pinjaman ini. Ada saja pesan yang terus masuk sepanjang pagi, siang, hingga malam terus menerus mendapatkan sms spam ini. Padahal, kamu tidak merasa pernah menyebarkan nomormu ke orang yang tidak bertanggung jawab. Lantas, bagaimana cara mengatasi SMS spam? Berikut ini ulasannya!

Baca juga: 3 Aplikasi Wajib Untuk Konten Lebih Menarik

Block nomor pengirim

Cara mudah untuk menghentikan SMS spam adalah mem-block nomor pengirim. Caranya bisa berbeda di setiap smartphone. Jika menggunakan iPhone, kamu bisa membuka pesan dari nomor yang ingin kamu block. Kemudian, tap nomor tersebut. Klik ikon (i) atau info. Di bawah bagian Details, klik nomor yang ingin di-block dan pilih Block this Caller and Block Contact. Apabila menggunakan Android, kamu bisa membuka aplikasi Pesan dan mengklik titik tiga di bagian kanan atas. Pilih Settings. Setelah itu, tap bagian Block numbers. Di sana, ada berbagai pilihan seperti unknown callers, recent call, dan remove from your contact list.

Jangan respons SMS

Kamu mungkin geram dengan SMS spam. Rasanya, kamu ingin sekali membalasnya dengan amarah atau menyuruhnya berhenti. Namun, jangan pernah respons SMS tersebut. Biarkan SMS tersebut masuk begitu saja ke ponselmu. Membalas SMS ini hanya akan menyenangkan pengirim, seperti ditulis oleh Business Insider. Dengan menerima balasanmu, mereka bisa mengetahui bahwa nomormu masih aktif. Jadi, mereka bisa terus-menerus mengirim SMS ke ponselmu. Bahkan, mereka juga bisa menyebarkan nomormu ke pengirim SMS spam lainnya, lho! Kamu tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

Baca juga: 3 Rekomendasi Aplikasi Kerja Terbaik Untuk Para Jobseeker

Gunakan aplikasi tambahan

Cara kelima untuk mengatasi SMS spam adalah menggunakan aplikasi tambahan. Ada banyak aplikasi yang bisa otomatis memfilter pesan-pesan tidak dikenal, baik di Android maupun di iOS. Menurut USA Today, dua aplikasi paling populer yang bisa memfilter pesan spam adalah Nomorobo dan RoboKiller. Kedua aplikasi tersebut memang tidak gratis. Namun, keduanya sangat ampuh dalam mengatasi pesan spam.

Sekian artikel tentang tips mengatasi sms spam. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Aplikasi Terbaik Untuk Meeting Online


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar