icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Menghadapi Lingkungan Kerja Yang Toxic
Siker.id | 18 May 2022 12:06


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Di dalam lingkungan kerja, ada kalanya kita terjebak dalam lingkungan yang toxic atau tidak sehat. Menghadapi lingkungan kerja yang toxic pastilah tidak mudah, terkadang kamu merasa tidak betah, serta bingung harus mempertahankan pekerjaan atau resign. Lingkungan kerja seperti ini memiliki ciri, seperti atasan yang selalu meremehkan, rekan kerja yang suka menurunkan reputasi, peraturan kantor yang tidak sejalan dengan kesepakatan awal, dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang masih ingin mempertahankan pekerjaan di lingkungan kerja yang toxic seperti ini, berikut ini ada tips untuk kamu menghadapinya. Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Tips Hindari Kesombongan saat Capai Keberhasilan

1. Membuat Batasan Secara Profesional

Membuat batasan secara profesional sangat penting dilakukan baik. Cara ini berlaku untuk semua jenis lingkungan kerja. Sebagai pekerja, kamu perlu menerapkan prinsip work-life balance. Artinya, kehidupan profesional dan kehidupan pribadi haruslah seimbang.

Untuk mencapai work-life balance ini, kamu perlu membuat time management untuk menyelesaikan pekerjaan kantor sehingga kamu tidak perlu membawa pekerjaan kantor ke rumah. Membuat batasan tidak hanya akan membuat dirimu nyaman, tetapi juga demi kebaikan fisik maupun kesehatan mentalmu. 

Baca juga : 3 Tips Membuat Rapat Kerja yang Efektif

2Tak Perlu Ikutan Drama Kantor 

Tidak bisa dipungkiri, kamu bisa dengan mudah mendapatkan gosip atau rumor sekalipun itu di lingkungan kerja. Meski ada rumor yang beredar, sebaiknya kamu jangan mudah percaya apalagi terpengaruh. Sebaliknya, kamu harus tetap menjadi diri sendiri dan tetap netral atau tidak memihak kubu mana pun. 

Apabila kamu menghadapi permasalahan dengan atasan atau rekan kerja, penting untuk segera menyelesaikan dengan baik dan tak perlu memakai emosi. Hal ini bertujuan agar tidak ada kesalahpahaman sehingga masalah pun tidak terus berkepanjangan yang nantinya bisa mengganggu pekerjaanmu.

3. Cari Rekan Kerja yang Suportif

Meskipun kamu dihadapi lingkungan kerja yang toxic, bukan berarti kamu harus menjauh dari semua hal yang berkaitan dengan lingkungan kerja. Cara terbaik untuk bisa bertahan di lingkungan kerja yang toxic yaitu dengan mencari rekan kerja yang suportif.

Jika nantinya kamu dihadapi dengan masalah, baik itu masalah pekerjaan atau masalah dengan atasan, rekan kerjamu lah yang nantinya akan mendukung dan menjadi penyemangat sehingga masalah yang dihadapi pun bisa kamu selesaikan dengan baik.

Nah, itulah dia beberapa tips untuk kamu yang sedang menghadapi lingkungan kerja yang toxic, kamu juga harus membahagiakan atau memberi reward kepada diri sendiri, seperti refreshing ke luar kota atau setidaknya melakukan hobi kamu. 

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Memperbaiki Kinerja Karyawan Yang Buruk


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar