4 Karakteristik Profesional yang Jadi Kunci Karir
Siker.id | 19 May 2022 20:30


Bagikan ke
karakteristik profesional (siker)

siker.id - Apa yang dimaksud dengan bersikap profesional? Karakteristik seorang profesional sangat berpengaruh, lho untuk kariernya. Dengan memiliki dan menunjukkan profesionalisme di tempat kerja, kamu memiliki keunggulan dan kualitas diri. Tujuan utamanya tak hanya untuk mendapatkan kepercayaan atasan, tapi juga demi karier, seperti kenaikan gaji atau promosi. Karakteristik profesional adalah kualitas seseorang yang ditunjukkan dalam lingkungan bisnis atau dunia kerja. Profesionalisme sendiri mencakup sikap dan kemampuan seorang pekerja untuk menunjukkan nilai yang dijunjung perusahaan serta melakukan apa yang diharapkan atasannya. Lalu apa saja karakterisktik kepemimpinan yang tepat? Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Penyebab Masa Depan Karir Tidak Menentu

Dapat diandalkan

Karakteristik pertama yang perlu dimiliki seorang profesional adalah dapat diandalkan. Contohnya, kamu selalu menjaga komitmen yang telah dibuat. Selain itu, seorang profesional juga menunjukkan dirinya dapat diandalkan dengan selalu tepat waktu dalam segala hal. Jika kamu telah berjanji untuk mengerjakan suatu pekerjaan dalam seminggu, kamu akan akan menyelesaikannya dalam jangka waktu tersebut.

Tingkah laku yang etis

Artinya, kamu selalu berkomitmen untuk melakukan hal yang benar. Beberapa contoh antara lain selalu bersikap jujur, terbuka, dan tulus ketika melakukan pekerjaan serta dalam kehidupan sehari-hari.

Teratur

Salah satu ciri dari seorang profesional adalah keteraturan. Contohnya, seorang profesional selalu memastikan meja kerjanya rapi dan tertata. Hal ini supaya dia bisa mencari barang yang dibutuhkan dengan mudah. Di sisi lain, sebelum melakukan presentasi bisnis, dia pun memastikan seluruh materi sudah dipersiapkan beberapa hari sebelumnya.

Baca juga: 3 Tips Hindari Kesalahan Dalam Menentukan Karir

Menggunakan bahasa profesional

Penerapan dari karakteristik profesionalisme adalah dengan menggunakan bahasa yang profesional, baik lisan maupun tulisan. Seorang profesional sebisa mungkin menghindari menggunakan bahasa slang dan yang tidak dimengerti ketika berada di lingkungan kerja. Tidak hanya itu, seorang profesional juga selalu menjaga dirinya dalam berbahasa meskipun berada dalam situasi informal.

Sekian artikel tentang karakteristik professional yang menjadi kunci sukses karir. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Langkah Dalam Merintis Karir Mencapai Kesuksesan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar