3 Jenis Kompetensi Teknis yang Ada Dalam Dunia Kerja
Siker.id | 19 May 2022 17:30


Bagikan ke
Kompetensi teknis dalam dunia kerja (siker)

siker.id - Salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh rekruter adalah tentang kompetensi teknis yang kamu cantumkan di CV. Kalau sesuai dengan apa yang dicari oleh perusahaan, probabilitas dipanggil untuk interview akan semakin tinggi. Akan tetapi, apabila tidak, akan sulit bagi CV-mu untuk tembus. Kompetensi atau skill teknis adalah kemampuan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan spesifik. Kompetensi yang dibutuhkan seorang karyawan mungkin saja berbeda, tergantung industri atau profesi yang digelutinya. Nah, kompetensi ini kebanyakan memang terkait dengan sektor IT. Akan tetapi, bukan berarti tak mungkin juga industri lain membutuhkan skill–skill ini. Berikut beberapa kompetensi teknis yang ada di dunia kerja.

Baca juga: 3 Hal Buruk Jika Menolak Kerja Lembur

Big data analytics

Di era serba canggih ini, hampir semua perusahaan membutuhkan big data. Big data sangat penting untuk memastikan keberhasilan perusahaan. Pasalnya, ilmu ini membantu bisnis untuk mengetahui tren industri, menyesuaikan strategi operasional, dan masih banyak lagi lewat data-data yang dikelola. Ilmu big data umumnya cocok untukmu yang suka matematika. Pasalnya, kamu harus memahami algoritma, statistika, data mining, dan masih banyak lagi.

Project management

Tanpa project management yang baik, tentu saja perusahaan akan sulit untuk mencapai tujuannya. Oleh karena itu, kompetensi teknis yang juga banyak dicari saat ini adalah project management. Sebenarnya, ini kadang juga dianggap sebagai soft skill yang sangat erat kaitannya dengan proyek teknis. Akan tetapi, project management tidak cukup sederhana untuk dikategorikan sebagai soft skill. Pasalnya, banyak aspek teknis yang harus dikuasai, seperti program dan sistem yang kompleks. Belum lagi, ada banyak metode yang harus dipahami.

Baca juga: 3 Cara Ampuh Mengatasi Depresi DI Tempat Kerja

Technical writing

Technical writing adalah skill menulis yang membutuhkan pemahaman IT yang cukup mendalam. Dengan kemampuan ini, kamu harus dapat memahami konsep yang kompleks dan menuliskannya lagi secara lebih sederhana. Oleh karena itu, skill ini tak mudah dan sangat dihargai. Technical writing banyak dibutuhkan di industri kesehatan, otomotif, manufaktur, edukasi, teknologi, dan masih banyak lagi.

Sekian artikel tentang daftar kompetensi teknis yang ada dalam dunia kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tanda Kamu Tipe Tidak Sabaran di Tempat Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar