4 Skill Penunjang Bagi yang Bekerja Bidang Keuangan
Siker.id | 19 May 2022 16:00


Bagikan ke
Skill penunjang bidang keuangan (siker)

siker.id - Kamu tertarik bekerja di bidang keuangan? Sama seperti profesi lainnya, tentu kamu harus memiliki beberapa skill khusus untuk mendukung kesuksesanmu di bidang keuangan. Skill-skill ini penting kamu kuasai karena bekerja dalam sektor keuangan kamu perlu memahami tentang manajemen keuangan yang baik dan juga bagaimana tata cara Kelola keuangan yang baik. Berikut beberapa skill yang perlu dikuasai untuk bekerja bidang keuangan.

Baca juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan

Pemahaman akan teknologi

Pekerjaan di bidang keuangan sangat diuntungkan dengan kehadiran teknologi. Pekerjaan kamu jadi lebih mudah karena sudah memiliki rumus untuk menghitung, mencari, menyortir, dan memproses informasi yang dibutuhkan. Namun, karena teknologi terus berkembang, secara otomatis kamu harus mampu beradaptasi dan mengikuti perkembangan yang berlaku. Minimalnya, kamu harus mengetahui cara mengoperasikan spreadsheet yang akan digunakan sehari-hari.

Analytical thinking

Analytical thinking adalah proses memeriksa hal-hal rinci untuk menemukan lebih banyak wawasan. Analytical thinking diperlukan dalam bidang keuangan untuk menganalisis situasi secara akurat, memahami cara kerja situasi, menafsirkannya, memberi kesimpulan, keputusan, atau respons yang bijaksana. Keterampilan ini mencakup kemampuan untuk menganalisis data keuangan dan pemecahan masalah.

Persuasif

Sebagai orang yang mengetahui bagaimana kondisi keuangan perusahaan, ada kalanya kamu berada di posisi untuk meyakinkan rekan kerja atau atasan supaya mengambil keputusan keuangan yang tepat. Tidak sebatas meyakinkan, kamu juga harus memberi bukti faktual yang mendukung saran kamu.

Baca juga: Ini 4 Kesalahan Fresh Graduate Dalam Mengatur Keuangan

Membuat keputusan

Dalam menjalani peran yang lebih tinggi, contohnya sebagai seorang manajer atau eksekutif, kamu diharapkan bisa mengambil keputusan sulit untuk menjaga keuangan perusahaan tetap stabil. Keputusan ini termasuk pemotongan anggaran, penutupan cabang, atau pilihan investasi yang berpotensi menguntungkan atau justru merugikan perusahaan.

Sekian artikel tentang skill penunjang bagi yang bekerja dibidang keuangan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Hemat Keuangan saat Lebaran


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar