3 Skill Freelancer yang Penting untuk Bekerja
Siker.id | 19 May 2022 14:30


Bagikan ke
Skill freelancer (siker)

siker.id - Menjadi seorang freelancer bukan soal hard skill saja, tetapi juga soft skill. Jika kamu sudah punya hard skill yang dibutuhkan untuk jadi freelancer, saatnya melengkapi dirimu dengan sederet soft skill yang tak kalah penting. Pasalnya, hard skill bisa saja dimiliki banyak orang. Namun, soft skill ini bisa membedakan kamu dari para freelancer yang lainnya. Hal-hal inilah yang bisa membuat kamu mendapat pelanggan, mempertahankannya, dan terus mengembangkan keuntungan dari pekerjaan lepas yang dilakukan. Berikut beberapa skill yang penting untuk seorang freelancer.

Baca juga: 3 Kesalahan Freelancer saat Mengatur Pekerjaan

Sales dan negosiasi

Sales dan negosiasi adalah dua skill berikutnya yang dibutuhkan oleh freelancer. Karena bekerja sendiri, kamu harus bisa memasarkan jasamu secara mandiri pada calon klien yang potensial. Bukan hanya menarik calon klien saja, kamu juga nantinya harus menjalin hubungan agar orang-orang mau menggunakan jasamu lagi dan lagi. Saat ada yang tertarik menggunakan jasamu, kamu juga harus pandai bernegosiasi agar tidak dibayar terlalu rendah.

Komunikasi

Skill komunikasi masih erat hubungannya dengan poin sebelumnya, yaitu sales dan negosiasi. Untuk bisa mempromosikan diri dan bernegosiasi dengan baik, tentunya kamu harus memiliki skill dasar komunikasi terlebih dahulu. Dengan kemampuan ini, kamu bisa menjadi proaktif saat dikontak klien. Komunikasi juga tentu dibutuhkan selama kamu bekerja dan menyelesaikan suatu proyek. Klien perlu komunikasi yang jelas agar tahu sudah sampai mana perkembangan pesanannya. Kamu juga harus bisa menjawab pertanyaan mereka dengan baik agar semuanya jelas dan berjalan lancar.

Baca juga: Apa Resikonya Jika Bekerja Sebagai Freelancer?

Membuat keputusan

Sebagai freelancer, kamulah atasanmu sendiri. Jadi, skill decision making atau membuat keputusan tentunya adalah salah satu yang paling dibutuhkan untuk menjadi freelancer yang andal. Kemampuan pengambilan keputusan ini berguna saat memilih pelanggan. Tidak semua klien itu jujur. Dalam dunia freelancing, ada banyak penipuan yang harus diwaspadai. Kamu harus bisa membaca orang dan memutuskan apakah ia memang layak menjadi klienmu. Selain itu, masih banyak lagi momen-momen di mana kamu perlu membuat keputusan dalam bekerja. Skill ini tidak bisa langsung muncul begitu saja. Mungkin, butuh waktu yang cukup lama untuk mengasahnya.

Sekian artikel tentang skill freelancer yang penting dalam bekerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Pekerjaan yang Membutuhkan Jasa Freelancer


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar