3 Tips Atasi Stres Berat akibat Kehilangan Pekerjaan
Siker.id | 19 May 2022 08:30


Bagikan ke
Atasi stres akibat menganggur (siker)

siker.id - Rasa cemas, marah, dan demotivasi adalah perasaan yang wajar setelah kehilangan pekerjaan. Stres yang berkelanjutan juga akan mengganggu kualitas diri. Tak hanya pada diri sendiri, stres juga berdampak besar pada hubunganmu dengan orang lain, seperti teman hingga keluarga. Pada kondisi seperti ini sangat mudah untuk mengkritik diri sendiri dan memberi label kepada diri, yang justru menurunkan keberhargaan diri. Oleh karena itu kamu perlu membangkingkat semangat dengan kegiatan atau hal yang positif. Berikut ini cara mengatasi stress berat akibat menganggur.

Baca juga: 3 Tips Mengatasi Stres Kerja

Bangkit dan buat rencana karier

Jika belum mendapat pekerjaan baru, ini merupakan waktu yang tepat untuk memikirkan kembali rencanamu, terutama dalam karier yang ingin dijalani. Bahkan kamu bisa menemukan jati diri yang merupakan salah satu cara merasa bahagia dalam kariermu selanjutnya. Namun, stres yang melanda cenderung mempersempit pikiran dan langkahmu. Untuk itu, sebaiknya tulis perencanaan dan karier yang kamu inginkan. Buatlah daftar kelebihan dan kekuranganmu, termasuk keterampilan, kepribadianmu, prestasi dan kesuksesan yang sudah dicapai. Setelah menemukan apa yang kamu inginkan, mulailah dengan mencari pekerjaan dan perbarui CV-mu.

Lakukan hobi dan belajar skill baru

Cara mengatasi stres saat menganggur yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan waktumu untuk belajar. Semakin banyak keterampilan yang kamu kuasai, semakin baik dan membantu menambah nilaimu di mata rekruter. Pertimbangkan juga untuk melakukan kegiatan seperti melukis, memasak, atau berkebun untuk mengisi waktu luang. Melakukan hobi yang kamu suka adalah salah satu bentuk dari perawatan diri.

Baca juga: 5 Game Penghilang Stres Saat Bekerja

Ikut workshop atau menjadi sukarelawan

Penting diingat bahwa menjadi pengangguran tidak mendefinisikan siapa dirimu sesungguhnya. Meski perlu mengatur keuangan saat menganggur, kamu tetap bisa melakukan banyak hal. Menjadi sukarelawan, ikut workshop atau kursus gratis adalah cara mengatasi stres saat menganggur yang bisa menjaga kepercayaan diri, mempelajari keterampilan, dan bertemu orang baru.

Sekian artikel tentang tips atasi stress berat akibat kehilangan pekerjaan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Prinsip Zen untuk Mengatasi Stres saat Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar