4 Kesalahan Dasar dalam Membuat Iklan Lowongan Kerja
Siker.id | 18 May 2022 20:30


Bagikan ke
Kesalahan iklan lowongan kerja (siker)

siker.id - Mencari dan mendapatkan kandidat yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan merupakan dambaan semua perusahaan di dunia. Tapi hal itu bukanlah perkara mudah. Sebelum sampai tahap rekrutmen, perusahaan perlu membuat iklan lowongan kerja yang memang sesuai dengan kebutuhan dan pasar kerja untuk posisi yang dibutuhkan. Membuat iklan lowongan kerja mungkin terlihat mudah. Tapi, ternyata masih banyak sekali ditemukan perusahaan yang salah saat membuat lowongan kerja. Kesalahan-kesalahan tersebut dapat menghambat perusahaan dalam mendapatkan kandidat yang sesuai. Berikut beberapa kesalahan terbesar perusahaan dalam membuat iklan lowongan kerja.

Baca juga: 3 Posisi yang Ada Lowongan Volunteer

Deskripsi pekerjaan yang terlalu panjang

Terlihat sepele, namun memberikan dampak yang cukup berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan dalam merekrut kandidat potensial. Deskripsi pekerjaan yang terlalu panjang dan bertele-tele akan membuat malas dalam membacanya. Kebanyakan kandidat akan tertarik pada deskripsi pekerjaan yang singkat, padat, dan jelas.

Desain lowongan tidak menarik

Meskipun isi lowongan pekerjaan merupakan bagian terpenting, namun desain dari iklan yang Anda buat akan mempengaruhi daya tarik dari calon kandidat. Selain lowongan enak untuk dilihat, desain yang menarik juga dapat meningkatkan rasa percaya kandidat terhadap perusahaan. Di dunia kerja, tidak hanya karyawan yang bersaing untuk mendapatkan perusahaan terbaik. Namun, perusahaan juga perlu untuk bersaing dengan perusahaan lainnya untuk mendapat kandidat yang diinginkan.

Tidak mencantumkan kontak perusahaan

Kesalahan yang sangat vital untuk dilakukan yaitu tidak mencantumkan kontak perusahaan. Kontak yang dimaksud bisa seperti alamat perusahaan, nomor yang bisa dihubungi, sosial media, maupun email dari perusahaan itu sendiri. Mengapa hal ini cukup vital? Karena kandidat yang tertarik pastinya akan berusaha menghubungi perusahaan yang bersangkutan. Bayangkan jika tidak ada kontak yang bisa dihubungi. Pastinya kandidat akan meninggalkan lowongan pekerjaan tersebut.

Baca juga: 5 Cara Untuk Menghindari Penipuan Lowongan Kerja

Tata bahasa yang berbelit

Selain terlalu panjang, tata bahasa yang kurang rapi dan tidak sesuai kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar juga mempengaruhi kandidat untuk memasukkan lamarannya. Pastikan bahwa lowongan pekerjaan yang Anda buat memiliki tata bahasa yang rapi dan profesional. Dengan begitu, calon kandidat akan menganggap perusahaan Anda memiliki kredibilitas dan dapat dipercaya.

Sekian artikel tentang kesalahan-kesalahan dalam membuat iklan lowongan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Terhindar dari Penipuan Lowongan Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar