3 Tips Meningkatkan Kesehatan Keuangan bagi Karyawan
Siker.id | 18 May 2022 17:30


Bagikan ke
meningkatkan kesehatan keuangan karyawan (siker)

siker.id - Salah satu yang dapat menjaga dan meningkatkan kualitas hidup yaitu sehat atau tidaknya kondisi keuangan. Hal ini juga berlaku bagi karyawan yang harus pintar-pintar menjaga kesehatan keuangan demi mencapai kestabilan finansial. Karyawan merupakan aset berharga bagi perusahaan. Maka dari itu, sudah jadi salah satu tugas perusahaan membuat karyawannya sejahtera dengan meningkatkan kesehatan finansialnya. Berikut ini tips untuk karyawan yang ingin meningkatkan Kesehatan keuangannya.

Baca juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan

Memberikan pelatihan persiapan di hari tua dan dana pensiun

Mempersiapkan masa tua harus jadi perhatian setiap karyawan sejak dini. Oleh karena itu, penting bagi karyawan untuk memperoleh edukasi tentang perencanaan dan mengelola keuangan yang berorientasi untuk masa pensiun. Pada program pelatihan nanti, pastikan ada unsur mengenai persiapan masa pensiun. Di sisi lain, sebenarnya ada program BPJS Ketenagakerjaan yang telah menyediakan program seperti Jaminan Hari Tua (JHT) untuk membantu karyawan menghadapi masa tuanya nanti.

Memberikan konseling perihal utang

Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi, ditambah dengan tidak adanya dana darurat membuat sebagian orang memutuskan untuk berutang. Memang bukan hal yang buruk jika seseorang berutang, tetapi harus dipastikan bahwa utang tersebut tidak merugikan Anda terlebih jika digunakan untuk keperluan konsumtif. Perusahaan dapat memberikan konseling perihal masalah utang. Tidak hanya sekedar membantu mereka keluar dari jeratan utang, tapi supaya karyawan juga dapat bijak dalam berutang.

Baca juga: Ini 4 Kesalahan Fresh Graduate Dalam Mengatur Keuangan

Bantu dengan akses gaji yang fleksibel

Biasanya saat ada kebutuhan mendesak, karyawan akan mengajukan gaji dimuka kepada atasan. Akan tetapi, cara ini membuat karyawan kurang nyaman karena akan jadi beban untuk memulai percakapan, sehingga tak sedikit yang kemudian beralih memilih pinjaman online. Adanya akses gaji yang fleksibel memungkinkan perusahaan untuk membantu karyawannya memulihkan kesehatan finansial mereka. Perusahaan bisa memberi penawaran kepada karyawan untuk menerima gaji prorata mereka kapan saja saat membutuhkan.

Sekian artikel tentang tips meningkatkan Kesehatan keuangan bagi karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Hemat Keuangan saat Lebaran


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar