3 Cara Mengakhiri Percakapan di Tempat Kerja
Siker.id | 18 May 2022 11:30


Bagikan ke
Mengakhiri percakapan (siker)

siker.id - Mengetahui bagaimana dan kapan harus mengakhiri percakapan di tempat kerja dapat menjadi tantangan bagi sebagian orang. Dan, ini adalah situasi yang sering tidak dipikirkan oleh banyak orang tentang bagaimana cara menanganinya sampai mereka benar-benar berada dalam situasi tersebut. Menemukan waktu yang tepat untuk menyelesaikan sesuatu selama diskusi dengan seseorang sangat bergantung pada dengan siapa kamu berbicara, kapan dan tentang apa. Mengembangkan strategi menyelesaikan percakapan sangat penting untuk memastikan komunikasi di tempat kerja yang efektif. Jika kamu bisa melakukannya, maka kamu bisa mengelola waktumu dengan tepat. Nah, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menyelesaikan percakapan dengan tepat.

Baca juga: 3 Keterampilan Komunikasi yang Tepat untuk Pemimpin

Tetapkan waktu berdiskusi sedari awal

Memiliki waktu yang telah diatur dengan baik dari awal untuk berdiskusi adalah cara awal yang harus kamu tahu. Oleh karenanya, sebelum kamu hendak berdiskusi pastikan bahwa kamu dan rekan kerjamu telah menyetujui waktu yang telah ditetapkan. Ada banyak keuntungan saat kamu menetapkan waktu yang pasti. Kamu dapat dengan mudah membicarakan hal inti tanpa basa-basi dan menghindari membuang banyak waktu sehingga waktumu dalam sehari bisa digunakan dengan tepat.

Tunjukkan rasa menghargaimu dan tersenyumlah

Ketika berdiskusi dengan rekan kerjamu, entah dalam rapat atau hal lainnya yang berurusan dengan pekerjaan, upayakan untuk menghargai dan mendengarkannya. Dan, ketika mereka berbicara pastikan bawah kamu telah memberikan ruang agar mereka dapat menyelesaikannya. Ketika jeda tiba karena pikiran mereka sedang istirahat, cobalah masuk secara langsung sembari mengatakan “Terima kasih banyak telah berbagi hal yang menganggumkan ini,” Kemudian katakan bahwa kamu ingin sekali melanjutkan percakapan, hanya saja ada hal yang harus kamu selesaikan. Terakhir, tersenyumlah saat meninggalkan tempat itu.

Baca juga: 3 Cara Komunikasi yang Baik dengan Rekan Kerja

Terima mereka dengan ide yang diberikan

Menunjukkan rasa terima kasih selalu merupakan cara yang bagus untuk memulai proses penutup percakapan. Terima kasih ini ditujukan kepada mereka yang hadir untuk energi dan ide-ide mereka. Kemudian, ringkaslah inti percakapan dan catat item tindakan. Akhiri dengan apresiasi dan tindak lanjut apa saja yang disetujui semua orang.

Sekian artikel tentang tips mengakhiri percakapan di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Cara Meningkatkan Komunikasi Verbal


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar