icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Sastra Perancis?
Siker.id | 18 Nov 2021 19:00


Bagikan ke
Banyak yang mengatakan bahwa prospek kerja Sastra Prancis sangatlah sempit, padahal tidak sama sekali. (siker)

siker.id - Banyak yang mengatakan bahwa prospek kerja Sastra Perancis sangatlah sempit. Benarkah demikian? Ternyata tidak sama sekali. Justru hingga saat ini, jurusan yang berhubungan dengan sastra, bahasa, dan komunikasi memiliki peluang kerja yang luas, termasuk Sastra Prancis. Ditambah lagi, jumlah lulusan Sastra Prancis setiap tahunnya tidak terlalu banyak. Jadi, peluang Anda semakin lebar. Anda bisa bekerja di lembaga pemerintahan, lembaga budaya, perusahaan swasta, hingga freelance. Berikut ini rangkuman beberapa prospek kerja Sastra Prancis yang paling menjanjikan.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Sastra Jepang?

1. Departemen atau Kementerian Luar Negeri

Bekerja di Departemen atau Kementerian Luar Negeri adalah prospek kerja yang paling banyak diinginkan lulusan Sastra Perancis. Prospek kerja bagi lulusan Sastra Perancis untuk menjadi seorang diplomat cukup besar karena kemampuan berbahasa asing adalah syarat mutlak untuk menjadi duta negara. Dengan bekerja di Departemen atau Kementerian Luar Negeri, Anda dapat berpergian ke berbagai negara sebagai perwakilan Indonesia untuk melakukan berbagai proyek dan penelitian.

2. Tenaga Pengajar

Untuk dapat bekerja sebagai pengajar kursus, guru, atau dosen bahasa Perancis, Anda harus mempunyai kemampuan berbahasa Perancis yang baik secara lisan maupun tertulis. Prospek kerja di profesi ini cukup besar karena ilmu sastra adalah salah satu ilmu yang paling diminati para pelajar di Indonesia. Banyak orang yang ingin belajar bahasa Perancis karena negara ini memiliki banyak daya tarik di bidang pariwisata, seni, fashion, gastronomi, arsitektur dan masih banyak lagi. Bahasa Perancis adalah salah satu bahasa yang banyak dipergunakan dalam pergaulan internasional sehingga orang-orang yang berminat mempelajarinya.

3. Jurnalis

Peluang atau prospek kerja sastra Prancis berikutnya adalah menjadi jurnalis. Dengan kemampuan komunikasi yang Anda miliki, baik komunikasi lisan atau tulisan bahasa Prancis, bisa Kamu jadikan modal untuk Kamu menjadi jurnalis. Jika Anda menjadi jurnalis, tugasnya adalah menulis berita. Selain itu, Anda juga bisa memiliki kesempatan untuk menulis segala hal mengenai Prancis untuk kemudian dimuat di media.

4. Penerjemah

Yang keempat, Anda bisa berkarir sebagai seorang penerjemah. Karir sebagai seorang penerjemah freelance merupakan prospek kerja Sastra Prancis yang cukup menjanjikan. Anda bisa mendapatkan bayaran berdasarkan kinerja, banyaknya dokumen yang Kamu terjemahkan, dan kualitas hasil terjemahan. Anda bisa memulai karir ini sejak masih duduk di bangku kuliah. Yang penting, Anda memiliki banyak kosa kata agar mampu menerjemahkan dengan baik dan enak dibaca.

Baca juga: Anda Lulusan Sastra Indonesia? Simak Prospek kerjanya

5. Peneliti Bahasa Prancis

Yang kelima, Anda bisa menjadi seorang peneliti bahasa Perancis. Anda bisa memiliki bayaran mahal apabila berhasil menerbitkan sebuah karya atau tesis yang membahas seluk beluk mengenai Prancis baik bahasa, budaya, sejarah atau nilai sosial. Anda pun berkesempatan untuk mengembangkan karir hingga ke luar negeri.

6. Event Organizer Internasional

Prancis merupakan satu dari enam bahasa internasional yang diakui PBB, ditulis dalam laman resminya. Tak heran, banyak acara internasional digelar dalam bahasa Prancis. Acara yang dimaksud tentu saja beragam, mulai dari konferensi, rapat, pertandingan olahraga, festival, hingga pameran. Nah, untuk mendukung hal tersebut, dibutuhkanlah seorang event organizer internasional. Profesi ini bisa menjadi prospek kerja yang menarik bagi lulusan Sastra Prancis.

7. Content Writer

Prospek kerja content writer terus bertambah luas dalam beberapa tahun terakhir, termasuk bagi lulusan Sastra Prancis. Selama kuliah, kamu telah belajar tata bahasa, komunikasi, dan menulis. Ilmu tersebut bisa kamu tuangkan ketika menjadi content writer.

8. Sastrawan

Dari namanya saja, Anda bisa langsung paham bahwa prospek karier ini terbuka luas bagi lulusan Sastra Prancis. Dengan ilmu yang telah didapat selama kuliah, Anda bisa mulai membuat karya sastra dan menjadi seorang sastrawan. Buatlah buku, novel, prosa, puisi, dan karya sastra lain.

Sekian artikel tentang peluang kerja lulusan sastra prancis. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Agroteknologi


Editor: Theo Adi -

     

Komentar