3 Cara Tetap Fokus meski Ada Masalah
Siker.id | 17 May 2022 17:30


Bagikan ke
Tetap fokus kerja (siker)

siker.id - Sekecil apa pun masalah pribadi yang sedang dihadapi berpotensi mengurangi fokusmu dalam bekerja. Tambah berat persoalannya, makin sulit juga untukmu menyelesaikan pekerjaan. Rasanya, tidak ada lagi ruang dalam kepala buat memikirkan pekerjaan. Namun, tak bekerja selama memiliki masalah pribadi pastinya tidak baik untuk kamu sendiri maupun kantor. Kamu tidak dibayar guna meratapi nasib melainkan membantu kantor mencapai tujuan-tujuan yang ditetapkan. Berikut ini beberapa tips agar tetap bisa focus kerja meski sedang menghadapi masalah pribadi.

Baca juga: Beberapa Hal Yang Mengganggu Fokus Kerja

Jadikan bekerja sebagai penyaluran fokus dan energimu

Bila dirimu tak mencoba mengalihkan fokus dan perhatian dari masalah yang sedang dihadapi, niscaya kamu bakal merasa kian pusing. Semangat untukmu menjalani hidup dapat turun drastis akibat setiap saat hanya bergelut dengan masalah itu. Oleh karena itu, jangan malah menganggap pekerjaan sebagai tambahan masalah. Jadikan bekerja sebagai kegiatan untuk menyalurkan fokus dan energimu pada hal-hal yang positif dan produktif.

Tenangkan diri begitu masalah pribadi kembali membayangi

Walaupun kamu mencoba buat fokus pada pekerjaan, masalah pribadi pasti tetap sesekali membayangimu. Kamu tidak dapat sepenuhnya melupakan masalah itu karena dirimu juga harus memikirkan cara untuk mengatasinya. Kamu cuma perlu secepatnya menghentikan konsentrasimu yang terpecah biar kembali fokus pada pekerjaan. Alih-alih langsung mencoba bekerja lagi, sebaiknya kamu menenangkan diri dulu. Misalnya, menghirup udara segar atau minum teh sebelum kembali bekerja.

Baca juga: 3 Masalah Mental Yang Sering Terjadi Pada Karyawan

Rasakan manfaat dari tetap bekerja meski sedang ada masalah

Kalau manfaat dari tetap bekerja saat ada masalah pribadi kurang disadari, dirimu hanya akan merasa tertekan. Pekerjaan pun berubah menjadi masalah berikutnya yang bikin kamu tidak bahagia. Manfaat ini harus betul-betul kamu sadari, seperti terhindar dari kemarahan atasan bila melihat pekerjaanmu tak beres atau penurunan pendapatan. Dengan sibuk bekerja meski tengah menghadapi masalah, reaksimu atas permasalahan tersebut juga jadi lebih terkontrol.

Sekian artikel tentang cara tetap fokus meski sedang ada masalah. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Masalah di Tempat Kerja dan Cara Mengatasinya


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar