icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Hindari Kesombongan saat Capai Keberhasilan
Siker.id | 17 May 2022 07:00


Bagikan ke
Cara hindari kesombongan (siker)

siker.id - Ketika seseorang sedang mencapai titik puncak keberhasilan atau kesuksesan, itu merupakan sebuah momen yang sangat membahagiakan bagi diri sendiri. Euforia ini membuat seseorang ingin berbagi kebahagiaan dengan orang lain lewat bercerita. Namun, perlu diperhatikan bahwa ketika berbagi kebahagiaan bersama orang lain tidak boleh berlebihan. Jika berlebihan akan dapat menimbulkan sikap sombong dari dalam diri karena merasa paling pintar mencapai sesuatu. Berikut ini beberapa cara menghindari sifat sombong dikala mencapai keberhasilan.

Baca juga: 3 Tips Hilangkan Iri Dengan Keberhasilan Rekan Kerja

Berhenti menilai orang dari kemampuan semata

Tidak semua orang suka berbagi kisah pencapaiannya pada orang lain. Bahkan ada yang prestasinya lebih darimu tapi memilih untuk menyembunyikannya. Maka dibalik itu, jangan sampai dirimu menilai hanya secara sekilas orang yang selama ini tidak menampilkan kemampuan berarti orang yang bodoh, jangan. Hargai keberadaan mereka dengan berhenti menilai dari kemampuan yang terlihat saja, sebab sikap ini dapat menimbulkan sifat sombong merasa diri lebih daripada yang lain.

Ingatlah bahwa dirimu juga memiliki kelemahan

Dibalik kelebihan yang dimiliki, seseorang pasti mempunyai kelemahan. Sebab manusia diciptakan dengan kelebihan disertai kekurangan. Tujuannya supaya manusia tidak sombong dan terus upgrade diri serta jadi ajang terus memperbaiki diri. Dengan begitu, sadar atas kelemahan yang dipunya akan mengarahkan seserorang untuk tetap rendah hati. Maka ingatlah terus bahwa dibalik kelebihanmu pasti ada kelemahan.

Baca juga: 3 Cara Mendapatkan Keberhasilan yang Tidak Instan

Sadari bahwa setiap orang memiliki kelebihan

Ketika seseorang bisa mencapai keberhasilan ia akan rentan menciptakan sikap sombong terhadap dirinya. Merasa lebih daripada yang lain, membuat suatu kebanggaan tersendiri baginya. Sesungguhnya kelebihan itu bukan suatu hal yang harus diunggulkan karena setiap orang pasti memiliki kelebihan masing-masing dalam bidangnya. Dengan menyadari itu, sikap sombong tidak akan menghampirimu.

Sekian artikel tentang cara hindari kesombongan saat mencapai keberhasilan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tanda Keberhasilan Membangun Tim yang Solid


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar