icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Lulusan Administrasi Fiskal Berikut Prospek Kerjanya
Siker.id | 18 Nov 2021 18:00


Bagikan ke
Administrasi Fiskal dikenal sebagai salah satu jurusan kuliah yang mempelajari semua konsep dan pengelolaan perpajakan mulai ekonomi perpajakan, audit pajak, hukum pajak. (siker)

siker.id - Bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti bidang keuangan, Anda bisa memilih jurusan-jurusan semacam itu saat mendaftar di perguruan tinggi, misalnya jurusan administrasi fiskal. Administrasi Fiskal dikenal sebagai salah satu jurusan kuliah yang mempelajari semua konsep dan pengelolaan perpajakan mulai ekonomi perpajakan, audit pajak, hukum pajak dan lain-lain. Peluang atau prospek kerja administrasi fiskal sangat terbuka lebar dengan gaji yang fantastis. Berikut ulasannya:

Baca juga: Berikut Peluang Kerja Lulusan Arkeologi

1. Staf Kementerian Keuangan

Tugas utama dari seorang staf Kementerian Keuangan ialah melaksanakan segala urusan di bidang keuangan dan kekayaan negara. Pekerjaan jurusan Administrasi Fiskal satu ini memang diperuntukan bagi mereka yang sudah ahli dalam mengurusi keuangan.

2. Dinas Keuangan Daerah

Seorang pegawai Dinas Keuangan Daerah biasanya bertanggung jawab penuh untuk membantu bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan, terutama di bidang keuangan.

3. Pegawai Bea Cukai

Pilihan pekerjaan jurusan Administrasi Fiskal lainnya adalah pegawai Bea Cukai. Pegawai Bea Cukai memiliki tugas yang cukup beragam, dimana mereka berhak merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang pengawasan, penegakan hukum, serta optimalisasi penerimaan negara di bidang kepabeanan dan cukai sesuai aturan perundang-undangan.

4. Wirausaha

Selain bekerja di instansi pemerintah, lulusan Administrasi Fiskal juga bisa menjajal dunia bisnis loh. Apalagi Anda telah memiliki ilmu dasarnya semasa kuliah dulu. Pilihlah bisnis yang sekiranya banyak dibutuhkan oleh masyarakat, misalnya kuliner. Anda bisa membuka kedai makanan dengan merek sendiri atau franchise dari beberapa merek ternama.

5. Pegawai Pajak

Prospek pekerjaan untuk lulusan administrasi fiskal ialah untuk bekerja di kantor perpajakan dan menjadi pegawai pajak. Dengan menjadi seorang pegawai pajak, Kamu juga bisa berbakti kepada negara melalui ikatan dinas. Jadi, kenapa tidak?

Baca juga: Yuk, Simak ! Bagaimana Peluang Kerja Lulusan Teknik Mesin

6. Perusahaan BUMN

Peluang atau prospek kerja administrasi fiskal lainnya adalah di BUMN. Ada banyak sekali perusahaan-perusahaan BUMN yang membutuhkan tenaga ahli dari lulusan administrasi fiskal. Misalnya saja Pertamina, PLN, Bank BRi, Bank Mandiri, dan perusahaan BUMN lainnya.

7. Perusahaan Swasta

Ingin mengembangkan potensi yang Anda miliki tanpa harus terikat dengan negara? Sebagai lulusan administrasi fiskal Kamu juga bisa masuk sebagai karyawan perusahaan swasta dan mengisi posisi-posisi yang berkaitan dengan latar belakang keilmuan, misalnya menjadi staf keuangan.

8. Guru

Anda memiliki kemahiran di bidang akademik atau teori? Atau tertarik pada dunia pendidikan dan ingin mengabdi sebagai tenaga pengajar? Jika iya, Anda bisa memilih berkarir sebagai guru. Ya! Menjadi guru yang telah bersertifikasi terlebih telah menyandang status sebagai pegawai negeri sipil bisa membuat Anda memiliki gaji yang menarik hingga jutaan.

9. Dosen

Karir sebagai tenaga pengajar lain yang bisa Anda coba adalah menjadi dosen dan mengajarkan ilmu kepada anak didik sesuai disiplin ilmu yang dikuasai. Kenapa tidak? Anda bisa menjadi dosen untuk jurusan administrasi fiskal.

10. Product Manager

Product Manager merupakan salah satu pekerjaan jurusan Administrasi Fiskal yang mewajibkan karyawannya untuk merancang sebuah produk baru dengan daya tarik tinggi. Pekerjaan ini membutuhkan karyawan yang mampu menciptakan ide menarik sekaligus handal dalam membuat strategi penjualan.

Sekian artikel tentang peluang kerja lulusan administrasi fiskal. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Peluang Kerja Lulusan Teknik Pertanian, Wajib Baca Ini


Editor: Theo Adi -

     

Komentar