3 Cara Mengelola Uang Pesangon
Siker.id | 13 May 2022 16:00


Bagikan ke
Cara kelola uang pesangon (siker)

siker.id - PHK atau pemutusan hubungan kerja mungkin menjadi mimpi buruk yang dihadapi oleh setiap pegawai. Tidak ada orang yang ingin merasakan buruknya di PHK sebab dapat kehilangan sumber pendapatan dan pekerjaan yang dijalani. Biasanya para pegawai yang terkena PHK justru akan menerima uang pesangon dengan jumlah yang tidak dapat diprediksi setiap orangnya. Uang pesangon itulah yang kemudian harus digunakan sebijak mungkin untuk menunjang kebutuhan sambil terus mencari berbagai peluang yang ada. Dalam menggunakan uang pesangon dengan sebaik mungkin, maka kamu dapat melakukan beberapa tips penting berikut ini.

Baca juga: 3 Langkah Antisipasi PHK Akibat Pandemi

Pertimbangkan alokasi dana pesangon

Layaknya gaji yang juga harus dialokasi setiap bulannya, pesangon juga demikian. Pesangon juga perlu dipertimbangkan cara mengaturnya, sehingga tidak dihabiskan dengan cara yang buruk. Pertimbangan alokasi dana pesangon yang buruk justru akan mendatangkan bahaya tersendiri. Jangan sampai justru membuatmu menyesal apabila dana pesangonnya sudah habis tak jelas, padahal belum dimanfaatkan sama sekali.

Hindari kebiasaan konsumtif

Konsumtif merupakan kebiasaan buruk yang dapat dilakukan oleh setiap orang, khususnya orang-orang yang berada dalam status sosial yang berada. Kadang kala bahkan orang-orang biasa yang memiliki keterbatasan keuangan pun bisa saja memiliki kebiasaan yang konsumtif. Itulah mengapa ketika kamu memperoleh dana pesangon dari perusahaan, maka berusahalah untuk menghindari kebiasaan konsumtif yang buruk. Jangan sampai justru membawa dana pesangonmu habis sebab kebiasaan konsumtif yang dimiliki.

Baca juga: Wajib Tahu ! Ini Hak Karyawan jika Terkena PHK

Tidak lupa menyisihkan uang untuk menabung

Memperoleh dana pesangon memang menjadi suatu hal yang terkadang dilematis, sebab kadang kala perlu pertimbangan lebih lanjut dalam mengatur keuangannya. Dengan dana pesangon yang dimiliki, maka jangan langsung menghabiskan semuanya. Pastikan untuk selalu menyisihkan uang dari pesangon yang dimiliki untuk menabung. Jangan sampai menyepelekan kebiasaan menabung agar tetap memiliki pegangan pasca di PHK.

Sekian artikel tentang cara mengelola uang pesangon. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ini Hal yang Harus Dilakukan saat Kena PHK


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar