3 Tips Memperbaiki Kinerja Karyawan Yang Buruk
Siker.id | 17 May 2022 18:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Perusahaan pasti menginginkan karyawan yang memiliki potensi dan kinerja yang super baik, tetapi apa jadinya apabila karyawan tersebut mengalami penurunan kinerjanya? Apalagi jika kinerjanya menurun dalam jangka waktu yang lama. Perusahaan mana yang ingin rugi dan menggaji karyawan yang menurun kinerjanya.

Nah, dibawah ini ada beberapa cara untuk memperbaik kinerja karyawan yang buruk.

Baca juga : 4 Cara Meningkatkan Skill Memasak Untuk Menjadi Chef

1. Berikan pengarahan dan penjelasan ekspektasi dengan jelas

Langkah ini bisa dilakukan dengan memberikan pengarahan dan penjelasan ekspektasi yang jelas dan tepat. Anda bisa memberikan motivasi agar membangkitkan semangat kerja kembali.

Terkadang beberapa karyawan memiliki kinerja buruk karena tidak mengetahui standar yang diinginkan oleh atasan. Dengan menjelaskan ekspektasi yang Anda inginkan, diharapkan dengan begitu karyawan bisa bekerja lebih giat lagi untuk mencapai ekspektasi tersebut.

2. Apresiasi karyawan ketika ada peningkatan kinerja

Beri waktu bagi mereka untuk benar-benar meningkatkan kinerja. Beberapa perubahan datang dengan waktu yang tak sebentar. Tapi juga jangan sampai terlalu lama, setidaknya beli limit waktu yang pas.

Baca juga : 4 Cara Meninkatkan Loyalitas Pelanggan Usaha Anda

Yang menjadi kunci adalah apresiasi karyawan ketika Anda merasa ada peningkatan kinerja kerja. Baik sedikit atau besar, perubahan itu tetap harus diapresiasi. Hal ini agar membuat karyawan merasa dihargai oleh perusahaan, sehingga kedepannya akan terus meningkatkan kinerjanya.

3. Mutasi karyawan

Ketika karyawan mengalami penurunan kinerja, mungkin salah satu sebabnya adalah pekerjaan yang kurang sesuai dengan kemampuan atau passion mereka. Jika ini adalah alasannya, Anda bisa memberikan satu solusi, yaitu mutasi.

Coba tanyakan pekerjaan seperti apa yang lebih cocok untuk kemampuan sang karyawan. Mungkin ada posisi kosong di tim lain yang akan lebih cocok, sehingga karyawan lebih terpacu untuk produktif.

Apabila dengan beberapa cara diatas sudah dilakukan, tetapi kinerja karyawan masih belum ada peningkatan, cobalah ajak karyawan tersebut mengobrol tentang apa penyebab dari mereka bekerja tidak semangat atau produktivitas mereka menurun.

Semoga artikel ini bermanfaat dalam memberikan solusi masalah kinerja karyawan yang buruk ya! Sekian, jika ada kritik dan saran silahkan ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Menyikapi Karyawan Yang Positif Covid-19


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar