3 Cara Ampuh Mengatasi Depresi DI Tempat Kerja
Siker.id | 17 May 2022 14:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Banyaknya pekerjaan yang tidak ada habisnya membuat beban kerja lalu memicu stres. Stres ini dapat mengakibatkan produktivitas karyawan menurun, bahkan ada juga karyawan yang berujung dengan gangguan kesehatan mental yaitu depresi. Depresi sangatlah berpengaruh terhadap aktifitas seseorang, apalagi dalam kinerja.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi depresi saat kamu berada di kantor.

Baca juga : 3 Cara Untuk Mengatasi Baper Di Kantor

1. Pahami penyebabnya

Sebagian besar penyebab depresi di tempat kerja adalah beban pekerjaan. Namun, tidak menutup kemungkinan penyebabnya juga terdapat faktor lain.

Faktor-faktor tersebut misalnya seperti posisi pekerjaan, perbedaan prinsip dengan perusahaan, serta tidak adanya keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Pada beberapa orang, alasan sederhana seperti rasa tidak nyaman juga dapat berpengaruh besar. 

Baca juga : 4 Jenis Tunjangan Karyawan yang Perlu Kamu Tahu

2. Temukan seorang teman yang dapat dipercaya

Menghadapi depresi seorang diri tidaklah mudah. Kamu membutuhkan seorang teman dekat yang dapat dipercaya dan diandalkan. Teman dekatmu adalah tempat terbaik untuk bercerita mengenai kesehatan mental secara gamblang.

Selain sesama rekan kerja, kamu dapat bercerita kepada manajer, anggota divisi HR, atau siapa saja yang bersikap suportif kepadamu. Mereka merupakan orang-orang yang membuatmu bersemangat dan tidak merasa sendirian.

3. Berkonsultasi dengan tenaga profesional

Terkadang, cara yang kamu lakukan mungkin tidak cukup untuk mengatasi depresi di tempat kerja. Kamu membutuhkan saran dari seorang tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater.

Psikolog dapat membantumu mengatasi depresi dengan terapi yang melibatkan perbaikan perilaku. Pada depresi yang lebih parah, psikiater umumnya menangani kondisi tersebut melalui kombinasi psikoterapi dan obat antidepresan.

Nah, itulah dia beberapa tips untuk mengatasi jika kamu merasa sedang mengalami depresi. Seberapa pentingnya pekerjaanmu, jangan sampai mengabaikan kesehatanmu juga ya. Tetap jaga kesehatanmu, cobalah buat dirimu lebih rileks dengan memberikan self reward kepada diri sendiri.

Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Bekerja dengan Rekan yang Tidak Disukai


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar