4 Cara Menjaga Mental Health Di Kantor
Siker.id | 17 May 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Kesehatan mental ternyata sangat memengaruhi kondisi karyawan, dari fisik hingga produktivitas kerja dikantor. Biasanya, gangguan kesehatan mental ini dikarenakan beban kerja yang berlebihan, bahkan sampai lingkungan kerja pun memengaruhi.

Berikut ini adalah beberapa cara agar kamu bisa menjaga kesehatan mental ketika di kantor memang sudah merasa banyak beban dan tekanan.

Baca juga : 5 Langkah Dalam Merintis Karir Mencapai Kesuksesan

1. Mendengarkan musik

 

 

 

 

 

Musik dikenal manjur menangkal depresi, memperbaiki suasana hati, mengurangi rasa sakit, dan menghilangkan stres saat bekerja. Berdasarkan penelitian The Journal of Positive Psychology, getaran gelombang suara pada musik, mampu meningkatkan hormon dopamin yang menimbulkan rasa bahagia.

Musik klasik, instrumental, atau musik bertempo lambat bisa jadi pilihan yang tepat karena bisa meningkatkan konsentrasi. Kamu juga boleh mendengarkan musik favorit dari musisi kesukaanmu yang menyenangkan hati.

2. Berjalan di sekitar kantor

 

Bekerja selama berjam-jam di ruangan tertutup tentu membuat pikiran kamu penat dan jenuh. Untuk mengatasinya, kamu bisa berjalan-jalan di sekitar kantor sekadar mencari udara segar.

Lebih baik lagi kalau kamu menuju tempat terbuka, misalnya taman belakang kantor, lapangan parkir, atau rooftop. Menghirup udara di tempat terbuka terbukti bisa menyegarkan pikiran dan menyehatkan mental kamu.

Baca juga : 3 Cara Menjadi Sosok yang Disenangi Rekan Kerja

3. Konsumsi makanan sehat

Kesehatan mental ternyata bisa dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Agar kesehatan mental tetap terjaga, konsumsilah makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, makanan laut, daging, kacang-kacangan, serta susu.

Hindari makanan cepat saji, makanan tinggi lemak, makanan terlalu manis atau terlalu asin, dan minuman alkohol. Karena selain bisa mengganggu kesehatan mental, makanan yang tidak sehat juga dapat menurunkan imunitas sehingga tubuh mudah terinfeksi virus selama masa pandemi.

4. Konsultasi dengan atasan

Kalau kamu mulai merasakan gangguan kesehatan mental yang berdampak pada kinerja, sudah saatnya kamu berkonsultasi dengan atasan di kantor, seperti HRD. Kamu bisa sampaikan hal-hal yang menyebabkan mental kamu tertekan secara profesional disertai dengan alasan yang kuat.

Misalnya, beban kerja terlalu banyak, alur pekerjaan yang tidak efisien, atau lingkungan kerja yang tidak suportif. Jangan lupa tawarkan beberapa solusi yang dapat dijadikan pertimbangan oleh atasan.

Sekian artikel ini menjelaskan, semoga dapat membantu kamu dalam menjaga kesehatan mental ya saat bekerja. Jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tanda Perusahaan Menekanmu dalam Bekerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar