4 Skill Yang Wajib Dimiliki Guru
Siker.id | 13 May 2022 16:00


Bagikan ke
Guru sedang mengajar (freepik/siker.id)

siker.id - Menjadi seorang guru bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah, selain harus bisa mengajar dengan baik, kita juga di wajibkan untuk selalu belajar dan memperkaya ilmu pengetahuan. Belum lagi, jika harus menemui siswa yang susah diatur atau kelas yang tidak bisa tenang. Maka dari itu skill tidak hanya mengajar saja yang dibutuhkan seorang guru.

Dibawah ini ada beberapa skill wajib selain mengajar yang harus dimiliki para guru.

Baca juga : 3 Skill Wajib untuk Menjadi HRD

1. Kemampuan untuk menguasai kelas dengan baik

Guru tentunya jadi orang yang diharapkan bisa mengendalikan situasi dan kondisi kelas dengan baik sehingga pembelajaran bisa berlangsung secara kondusif. Inilah kenapa seorang guru perlu memiliki kemampuan satu ini. Gak mungkin kan seorang guru cuma berharap pada ketua kelas untuk menertibkan suasana yang terkadang jadi gak terkendali?

2. Selalu update terhadap metode pengajaran yang baru

Tidak hanya mengajar, guru juga perlu banget untuk punya kemampuan dalam belajar dan menyerap ilmu baru. Terutama dalam hal yang bersangkutan dengan metode pengajaran. Seorang guru diharapkan mampu untuk terus update dan tidak ketinggalan zaman dalam hal ini demi bisa menciptakan sistem pembelajaran yang juga lebih efektif dan lebih bisa diterima siswa.

Baca juga : 3 Skill Wajib Untuk Seorang Customer Service

3. Punya kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik

Yang pasti, seorang guru juga harus punya kemampuan komunikasi yang baik. Pasalnya, guru menjadi pengantar ilmu pengetahuan yang paling penting dalam proses pembelajaran. Jika gurunya gak bisa berkomunikasi dengan baik, bagaimana mungkin kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik pula?

4. Bisa melihat kekurangan diri dan berusaha memperbaikinya

Kemampuan yang tidak kalah penting untuk dimiliki seorang pengajar adalah mau dan mampu melihat kekurangan diri serta tidak segan untuk terus memperbaikinya. Sebagai manusia, tentu gak ada yang sempurna. Namun, bagaimanapun juga, seorang guru adalah sosok yang menjadi teladan bagi para muridnya sehingga sebisa mungkin dia harus selalu memberi contoh yang baik dalam berbagai sikap, tindakan, dan keputusan yang dia ambil.

Nah, itu dia beberapa skill wajib yang harus dikuasai oleh para guru, jadi tidak hanya mengajar saja. Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Untuk Mengatasi Baper Di Kantor


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar