4 Ciri Ini Menunjukkan Tim Yang Solid
Siker.id | 13 May 2022 14:00


Bagikan ke
Ilustrasi tim yang solid (freepik/siker.id)

siker.id - Dalam pekerjaan pasti memerlukan sebuah tim. Tim diartikan sebagai sebuah kelompok kerja yang terdiri dari sejumlah orang dengan kompetensi setara, dimana anggotanya bekerja secara interdependen dalam mengerjakan pekerjaannya (Burn, 2004). Sebuah tim yang solid apabila memiliki kesepahaman dalam pemikiran, keterikatan perasaan, dan tindakan nyata untuk mencapai tujuan.

Namun, tidak hanya itu saja sebuah tim bisa dikatakan solid. Berikut ini beberapa ciri-ciri dari tim yang solid, simak dibawah ini.

Baca juga : 4 Tips Agar Menjadi Public Speaker Yang Handal

1. Visi yang sama

Visi yang sama dibentuk sebelum tim mulai bekerja sama. Visi ibarat peta dengan arah yang jelas dan menuntun anggota tim ke mana harus berjalan. Walaupun dalam perjalanannya anggota tim mengerjakan tugas yang berbeda-beda, akan tetapi pencapaian akhir akan menuju satu tujuan yang sama.

2. Komunikasi efektif

Komunikasi efektif ditandai dengan adanya saling pengertian, meningkatnya hubungan baik, dan pada akhirnya menimbulkan suatu tindakan positif dari setiap anggota tim. Komunikasi efektif antara pemimpin dengan anggota tim dan antara anggota tim satu dengan yang lain, akan menumbuhkan rasa saling percaya dan kerja sama yang baik.

Semua anggota tim diberikan kesempatan untuk berpendapat, berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, dan diberikan umpan balik. Komunikasi efektif juga ditandai dengan keterbukaan informasi, yang akan membuat lingkungan kerja tim menjadi lebih sehat.

Baca juga : 3 Tips Mengatasi Stres Kerja

3. Disiplin, integritas dan kejujuran

Kualitas kinerja tim diukur dengan keberhasilan pencapaian target, yang berlandaskan pada nilai-nilai disiplin, integritas dan kejujuran. Nilai-nilai ini akan membuat tim lebih akuntabel, sehingga dapat mempertanggungjawabkan tugas-tugasnya dengan baik.

Tim dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, dan mengelola sumber daya dengan efektif dan efisien. Tim akan berjalan di jalur yang semestinya dengan taat azas dan taat aturan.

4. Mendukung kemajuan bersama

Anggota tim bisa jadi memiliki kompetensi yang setara, tetapi memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Perbedaan itu semestinya dapat membuat anggota tim saling mendukung kemajuan bersama.

Anggota tim yang kuat akan mendukung anggota tim yang lemah, untuk bisa survive dan meningkatkan kapasitasnya. Transfer knowledge antar anggota tim dan berbagai kegiatan pelatihan dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas bersama.

Sekian artikel ini menjelaskan, semoga tim kerja kamu di kantor sudah termasuk dari ciri-ciri di atas tadi ya!

Jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Melatih Kecerdasan Emosional dalam Bekerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
Pencarian