5 Cara Memberi Semangat Kerja Pada Tim
Siker.id | 13 May 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Semangat merupakan dorongan atau motivasi seseorang untuk melakukan sesuatu. Dalam bekerja, pastinya sebuah semangat harus dimiliki setiap karyawan karena tanpa semangat kerja pasti bekerja juga akan terasa membosankan, lelah, dan bisa juga terbengkalai pekerjaannya. Kerja tim juga dibutuhkan saling memotivasi anggota tim satu sama lain.

Dibawah ini ada beberapa tips agar dapat memberikan semangat kerja pada tim.

Baca juga : 3 Tips Mengatasi Miskomunikasi Saat Remote Working

1. Saling Mendukung Anggota Tim yang Kurang Berpengalaman. 

Jika membentuk anggota tim yang sama seperti tim sebelumnya memang tidak memungkinkan, maka para anggota tim yang unggul memiliki PR lebih yang diyakini mereka pasti bisa untuk melakukannya. Semangat kerja tim akan terbentuk ketika seluruh anggota kelompok saling memberi dukungan.

Terutama, memberi dukungan kepada para anggota tim yang kurang berpengalaman. Kurang pengalaman bukan berarti tidak kompeten, namun mereka hanya perlu beberapa pelatihan dan semangat dari rekan-rekan kerja mereka saja.

2. Yakinkan bahwa Interaksi Tim dapat Menentukan Keberhasilan dan Kegagalan Kerja Tim. 

Sebuah studi mengemukakan bahwa hasil yang didapatkan dari suatu tim kerja adalah hasil dari interaksi anggota tim itu sendiri. Memang tidak ada yang salah ketika kita terlalu berfokus pada kontribusi individu dalam menyelesaikan tugas-tugas kerja.

Namun, berfokus pada kontribusi tim jauh lebih penting daripada hanya menekankan usaha setiap individu. Oleh karena itu, setiap kali kita menjelaskan proyek baru, pastikan kita juga menjelaskan dinamika dan interaksi kelompok yang diperlukan, daripada hanya berfokus pada kontribusi individu di dalam kelompok. 

3. Berikan Sikap yang Hangat dan Terarah. 

Ada sebuah penelitian yang mengambil perhatian antara karyawan kantor dan para pemimpin, dengan membandingkan antara pemimpin rapat yang hangat (ramah) dan dingin (cuek), serta pemimpin rapat yang terarah dan yang tidak terarah.

Baca juga 3 Tips Agar Workcation Lebih Menyenangkan

Survei membuktikan bahwa pemimpin yang hangat, ramah dan terarah akan lebih memotivasi para karyawannya untuk bekerja. Semua anggota tim akan merasa lebih bersemangat. Mengapa? Karena para pemimpin yang seperti demikian, bukan hanya membuat karyawan bahagia namun mereka juga dapat memberi pengarahan yang jelas tentang ekspektasi yang diperlukan terhadap kinerja karyawan. 

4. Mengenali dan Mengakui Pencapaian yang Dimiliki Setiap Anggota Kelompok. 

Memang benar bahwa tidak semua anggota tim dapat memperlihatkan keunggulan mereka. Namun, kita juga perlu selalu ingat bahwa kesuksesan tim tidak hanya dimiliki satu orang. Ada beberapa anggota yang berkontribusi besar pada pencapaian kelompok.

Misalnya, karyawan A tidak terlihat unggul seperti yang lain, namun ternyata dia adalah karyawan yang paling sering menyemangati anggota tim lainnya. Sampai akhirnya, anggota tim yang lain dapat terlihat unggul. Dalam hal ini, cobalah untuk mengakui pencapaian karyawan A dengan memuji dirinya karena telah membantu menyemangati rekan-rekan kerja lain. 

5. Selalu Tebarkan Kata-kata Positif kepada Semua Anggota Tim. 

Bukan rahasia umum bahwa kata-kata positif akan membuat seseorang berpikir positif dan semakin bersemangat. Oleh karena itu, sebagai pimpinan perusahaan dan anggota tim, kita perlu menggunakan kata-kata positif ketika berinteraksi dengan rekan-rekan kerja lainnya. Tindakan ini akan memudahkan semangat kerja tim semakin mudah terbentuk. 

Itulah dia beberapa tips, semoga dapat membantu dalam menumbuhkan semangat kerja pada tim Anda ya. Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran silahkan ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 4 Tips Agar Menjadi Public Speaker Yang Handal


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar