3 Masalah Mental Yang Sering Terjadi Pada Karyawan
Siker.id | 12 May 2022 17:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Kesehatan tidak hanya sebatas fisik, tetapi kesehatan mental pun juga harus di jaga. Terkadang Anda tidak sadar bahwa kesehatan mental sedang terganggu, misalnya karena pekerjaan yang tidak kunjung selesai yang membuat Anda merasa tertekan.

Ditambah lagi, lingkungan kerja yang kurang mendukung, memungkinkan kondisi seperti ini sangat mudah membuat orang merasa frustasi. Nah, berikut ini beberapa gangguan mental yang sering terjadi pada karyawan.

Baca juga : 3 Tips Hindari Kesalahan Dalam Menentukan Karir

1. Depresi

Depresi adalah gangguan suasana hati yang menyebabkan seseorang merasa sedih, kehilangan minat, dan semangat. Penyebabnya adalah perubahan hormon, contohnya saat hamil atau menopause, genetik, dan perubahan proses kimia otak yang memengaruhi kestabilan suasana hati.

 

 

Jika dikaitkan dengan lingkungan pekerjaan, kemungkinan besar stres berkepanjangan adalah penyebabnya. Orang yang mengalami depresi, biasanya akan menunjukkan gejala, seperti merasa sedih, marah tidak terkendali, mudah cemas, sulit fokus, seringkali berpikir mencoba bunuh diri dan lainnya.

2. Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan adalah perasaan cemas berlebihan yang tidak terkontrol. Penyebab umum gangguan kecemasan adalah stres, genetik dan memiliki sifat yang mudah cemas, serta memiliki trauma.

Baca juga : 3 Cara Menjadi Sosok yang Disenangi Rekan Kerja

Nah, masalah mental pada pekerja kantor ini biasanya menimpa mereka yang bekerja di bawah tekanan dan stres, ditambah memikirkan masalah keuangan.

Namun, bisa juga terjadi akibat adanya kondisi medis seperti penyakit jantung, diabetes, hipertiroid, masalah pernapasan, dan penyakit lainnya. Gejala gangguan kecemasan yang umumnya terjadi, meliputi mudah cemas, denyut jantung meningkat, sulit berkonsentrasi, merasa dirinya berada dalam bahaya, dan lainnya.

3. PTSD

PTSD atau gangguan stres pascatrauma adalah masalah mental yang dipicu peristiwa traumatis. Sebenarnya, lingkungan apa pun dapat menimbulkan trauma, termasuk pada lingkungan kantor. Misalnya, mengalami kecelakaan saat dinas luar kota.

Orang dengan PTSD biasanya merasakan kilas balik peristiwa traumatis ketika melihat sesuatu yang mengingatkan dirinya pada hal tersebut. Ia jadi cemas, tidak bisa mengendalikan diri, dan sulit untuk menyesuaikan diri dengan baik karena menghindari sesuatu yang bisa mengingatkan dirinya pada trauma.

Itulah dia beberapa gangguan yang sering terjadi menyerang kesehatan mental karyawan, semoga artikel ini dapat membantu perusahaan Anda agar bisa memahami para karyawan dalam porsi pekerjaannya. 

Sekian, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih. 

Baca juga :3 Tanda Perusahaan Menekanmu dalam Bekerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar